Bentuk Footwork berikut diambil dari ebook TABLE TENNIS; Steps To Success, Richard McAfee. Versi .pdf halaman 34 – 40.

Sumber: unduh .pdf

Antara Anda dan lawan, hanya ada meja sepanjang 2,7 m. Dengan kecepatan bola yang bisa mencapai lebih dari 60 mil per jam (97 km / jam), Anda hanya memiliki waktu sepersekian detik untuk memastikan arah, kecepatan, dan kadar spin pada kembalian lawan Anda; pindah ke posisi tertentu; dan menjalankan stroke Anda. Berada ke posisi yang benar bukan hanya masalah kecepatan kaki tetapi juga mengetahui langkah-langkah yang benar untuk mencapai posisi yang Anda inginkan.

Sebelum Anda belajar bagaimana cara bergerak, Anda harus terlebih dahulu belajar cara meletakkan kaki di tanah dengan benar. Untuk gerakan cepat, Anda ingin berat tubuh Anda bertumpu pada bagian depan kaki Anda dengan tumit di atas tanah (gambar 3.20). Untuk mencapai hal ini, bayangkan bahwa Anda mengepalkan jari2 kaki dan tapak-kaki bagian depan Anda dan kemudian membenamkan (set) bagian2 kaki tersebut di tanah.

 

fw2 mcfe 320
TABLE TENNIS Steps To Success, Richard McAfee, ebook .pdf h35.

Dengan mengumpulkan semua berat badan Anda di bagian depan kaki, Anda akan meningkatkan tenaga-tarik (traction) kaki Anda di lantai, yang memudahkan gerakan yang aman dan cepat.

Unsur kunci lainnya agar mendapat tingkat gerakan yang baik adalah dengan menjaga pusat gravitasi (COG, Center Of Gravity) Anda tetap rendah. Seperti halnya mobil balap, semakin rendah pusat gravitasi Anda, semakin cepat Anda dapat berputar dan semakin baik keseimbangan Anda. Pusat gravitasi Anda terletak di sekitar pusar (navel). Cara termudah untuk menurunkan COG adalah mengambil posisi berdiri dengan kaki lebar  — setidaknya kedua kaki sedikit lebih lebar dari lebar bahu. Pemain jangkung harus mengambil cara berdiri yang lebih lebar.

ONE STEP

SIDE STEP

PIVOT

fw2 mcfe 326Gerakan Pivot (gambar 3.26) digunakan untuk memutar tubuh ke sudut backhand dan menempatkan pemain pada posisi untuk melakukan serangan forehand dari sudut backhand. Gerakan ini selalu dimulai dari posisi siap backhand. Kadang-kadang terjadi setelah satu gerakan side-step ke kiri (untuk pemain kanan). Gerakan Pivot ini dimulai dengan kaki kiri mengambil langkah lebar ke kiri, sepenuhnya di luar garis sisi kiri meja. Kaki kanan kemudian bergerak ke kiri, sehingga pada akhir gerakan, pemain (seluruh badan) benar-benar keluar dari sisi kiri meja dan dalam posisi untuk melakukan pukulan forehand.

Ini adalah gerakan yang sangat cepat, seringkali lebih berupa lompatan (hop) dengan kedua kaki bergerak bersamaan (gambar 3.27). Perhatikan bahwa kedua kaki ini mengarah kembali ke meja, hal ini penting karena menempatkan tubuh pada posisi untuk memindahkan berat dan kekuatan Anda ke target (bola) Anda.

Jika Anda pemain kidal, sesuaikan instruksi ini.

CROSS STEP

 

 

–bersambung–