Konten berikut ini disebutkan dalam International Journal berjudul Footwork technique used in elite table tennis matches (Tehnik Footwork Yang digunakan pada suatu Pertandingan Tenis Meja Tingkat Atas) yang diterbitkan oleh Racket Sport Science.

Jurnal ini ditulis oleh: Ivan Malagoli Lanzoni, Michail Katsikadelis, Gunter Straub and Zoran Djokić.

Sumber: racketsportscience, pdf.


ABSTRAK.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan distribusi gerak kaki (sebaran bentuk footwork) pada kompetisi tenis meja elit pria (M) dan wanita (W). Sembilan pertandingan (match) pria dan sembilan wanita dianalisis. Semua pemain yang diteliti berada di posisi teratas 120 (Men) dan 111 (Women) dari peringkat dunia ITTF. Seorang pelatih ahli menganalisis rekaman video pertandingan dalam gerakan lambat dengan perangkat lunak Kinovea dan mengumpulkan data tentang jenis gerak kaki yang digunakan oleh para pemain selama pertandingan.

Sebagai kesimpulan, penelitian ini dapat bermanfaat bagi pelatih fisik, analis kinerja, dan pelatih, untuk merancang sesi pelatihan gerak kaki khusus untuk pemain tenis meja elit pria (M) dan wanita (W).

HASIL.

Seluruhnya ada 18 matches (M = 9, W = 9), 96 sets (M = 50, W = 46), 1713 rallies (M = 902, W = 811), dan 7095 steps (M = 3322, W = 3773) telah diperiksa.

FW racketsport T1

DISKUSI.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan distribusi footwork pada kompetisi tenis meja elit pria (M) dan wanita (W).

One-step, Footwork Satu-langkah terutama digunakan untuk menerima servis, dan sebagai langkah kunci untuk fase pertama reli.

Shot-without-step, pukulan-tanpa-langkah menunjukkan permainan yang sedikit gerakan, dihubungkan dengan penggunaan pukulan2 backhand, yang menegaskan literatur sebelumnya tentang tehnik gerakan2 khusus wanita.

Chassé-step, Langkah chassé merupakan teknik awalan yang digunakan untuk melakukan berbagai set pukulan dengan membuat gerakan ke samping yang mudah di depan meja.

Crossover memungkinkan pemain dapat bergerak pada jarak yang relatif jauh dalam waktu sesingkat mungkin, dan merupakan pertanda dari permainan modern yang dinamis.

Pivot-step, Langkah-memutar ini secara eksklusif digunakan untuk memainkan pukulan forehand dari sudut backhand.

Slide-step, Langkah-meluncur, pertama menggeser kesamping (lateral) kaki yang sesuai dengan arah perpindahan, dan kemudian menggeser kaki lainnya.