Kejuaraan Dunia Ping Pong (World Championship of Ping Pong), juga dikenal sebagai WCPP, adalah turnamen pingpong tahunan yang telah diadakan sejak tahun 2011.

Juara saat ini adalah Andrew Baggaley, yang mengalahkan Alexander Flemming di final 2020. Andrew mengalahkan rekor Maxim Shmyrev yang memenangkan tiga kejuaraan dunia di tahun2 sebelumnya. Dan Andrew menjadi juara empat kali yang memecahkan rekor.

Turnamen ini dipromosikan oleh seorang impresario olahraga dari Inggris bernama Barry Hearn. Yang membedakan olahraga ini adalah penggunaan paddle (pemukul) dari bahan kayu-tua yang ditutupi dengan sandpaper. Paddle ini bertujuan agar menghasilkan gerakan bola yang lebih lambat dan rally2 yang lebih lama untuk hiburan penonton secara langsung.

Kejuaraan dunia tahun 2020 berlangsung pada 25-26 Januari 2020, di Alexandra Palace untuk kedelapan kalinya di tempat ini.

Pingpong2020

Screenshoot halaman facebook video pertandingan WCPP tahun 2020, antara Andrew Baggaley dan Alexander Flemming.

Bag vs Fle

Sumber:
Wikipedia Word Championship of Ping Pong.
Halaman Word Campionship of Ping Pong.

Perbedaan Tenis Meja dan PingPong.

Di awal2 waktu, istilah tenis meja dan pingpong adalah mengacu pada olahraga yang sama dan sering dipertukarkan penggunaannya.

Hari ini tahun 2008 ketika blog ini dibuat dan tahun 2019 ketika wabah pandemi Covid-19, olahraga Tenis Meja adalah bukan Ping Pong.

Tenis Meja Ping Pong
Merk Dagang tidak ya
Bats blade+rubber paddle, papersand
Spin banyak rendah
Hit, smash balance banyak
Kecepatan bola tinggi sedang
Poin per game 11 15
Variasi Serve banyak tidak
Olympiade ya tidak
Diameter bola 40mm

 

— bersambung —