10 Tips Meningkatkan Permainan Tenis Meja


Sumber: Newgy Robopong.

Screenshot from 2019-09-08 13-44-00

10 tip untuk meningkatkan permainan tenis meja anda.

1. Mengetahui jenis spin apa pada bola.

Kunci untuk mendapatkan keahlian ini adalah perhatikan dengan seksama raket lawan Anda saat melakukan kontak dengan bola.

Jika raket lawanmu bergerak dari:

  • Rendah ke atas — maka putaran-bola yang dihasilkan adalah topspin
  • Tinggi ke rendah — putarannya adalah backspin
  • Kiri ke kanan — putarannya adalah sidespin kanan (dari arah meja lawan).
  • Kanan ke kiri — putarannya adalah sidespin kiri

2. Kompensasikan spin-bola dengan sudut raket Anda

  • Jika putaran bola adalah topspin, maka miringkan wajah raket Anda menghadap ke bawah dan kontak bola di atas tengahnya !
  • Jika backspin, miringkan wajah raket Anda menghadap ke atas dan kontak bola di bawah tengahnya !
  • Jika sidespin kanan, miringkan sisi wajah raket Anda ke kanan dan kontak bola di sebelah kiri garis tengahnya !
  • Jika sidespin kiri, miringkan sisi wajah raket Anda ke kiri dan kontak bola di sebelah kanan garis tengahnya !

Sambil memegang raket pada sudut tersebut diatas, pukulah dengan lembut ke depan. Hanya setelah Anda merasakan putaran bola, barulah Anda memukul bola dengan lebih tenaga.

3. Gunakan seluruh tubuh Anda saat Anda memukul dengan forehand Anda.

Pastikan Anda memutar pinggul (hips) dan bahu (shoulders) ke belakang selama gerakan backswing dan kemudian maju ke dalam bola saat Anda memukul dengan forehand Anda. Gerakan ini dikoordinasikan dengan perpindahan (shift) berat tubuh dari kaki belakang ke kaki depan. Semakin keras Anda membuat pukulan forehand, maka semakin kuat pula transfer berat Anda. Kesalahan forehand yang umum adalah hanya menggunakan lengan (arm) Anda untuk memukul bola, yang mana akan sangat membatasi kekuatan dan konsistensi Anda.

4. Pertahankan posisi-siap (ready position) yang baik.

Posisi siap yang baik adalah memiliki keseimbangan dan mampu mempersiapkan tubuh Anda untuk bergerak secara cepat ke segala arah. Gunakan posisi-siap saat mempersiapkan return servis dan jeda antara pukulan2.

Urutan dasar dari reli tenis meja adalah:

  • Tempatkan diri Anda dalam posisi siap yang baik
  • Bergerak ke arah bola dengan kaki Anda, dan jaga tubuh tetap seimbang
  • Pukul bolanya
  • Kembali ke posisi siap Anda
  • Ulangi urutan B, C, dan D sampai reli berakhir

5. Latih stroke Anda sampai otomatis

Ketika Anda pertama kali mempelajari keahlian baru, Anda menggunakan banyak energi mental untuk merumuskan gambaran yang jelas tentang bagaimana sebuah stroke itu menjadi terlihat nyata dan terasa. Setelah gambaran mental ini relatif akurat, Anda harus melatih keahlian itu berulang kali hingga Anda tidak perlu lagi berpikir bagaimana melakukannya. Inilah tahap otomatis itu. Performa terbaik Anda akan muncul ketika Anda bermain otomatis dan Anda tidak perlu memikirkan keahlian Anda. Anda cukup membiarkannya terjadi secara alami.

6. Gunakan raket tenis meja milik Anda sendiri.

Adalah penting untuk memiliki raket Anda sendiri dan menggunakannya secara eksklusif (khusus terpisah untuk pemakaian pribadi). Setiap raket memiliki sensasi dan karakteristik permainan sendiri, dan Anda akan mendapat manfaat besar dengan hanya menggunakan satu raket saja sehingga Anda tidak perlu berusaha beradaptasi dengan raket2 berbeda.
Juga, rawat raket Anda dengan baik; perlakukan dengan hormat (respect). Simpan dalam kasing saat Anda tidak menggunakannya. Jika Anda menggunakan karet inverted (permukaan licin), Anda harus mencucinya dengan sabun dan air atau pembersih raket khusus setelah setiap kali digunakan.

7. Kembangkan sidespin serve.

Hanya sedikit pemain tenis meja pemula yang menggunakan sidespin pada servis mereka; sedangkan, pemain top menggunakan sidespin pada hampir setiap servis mereka.
Serve sidespin hampir selalu dikombinasikan dengan bola topspin atau backspin; sidespin murni sangat langka terjadi di tenis meja. Yang sangat berguna adalah kombinasi servis sidespin/backspin yang terbang rendah ke net dan memantul dua kali di sisi meja lawan. Jenis serve ini akan sangat serius membatasi pilihan pengembalian lawan.

8. Jaga setiap pengembalian Anda rendah di atas net.

Secara umum, semakin rendah dari net Anda menempatkan pukulan, maka semakin kecil sudut yang bisa digunakan lawan Anda dan semakin sulit bagi mereka untuk memukulnya dengan kuat. Satu-satunya pengecualian -terbang bola rendah- adalah jika Anda melakukan pukulan2 lob, yaitu Anda akan menempatkan bola sangat tinggi di atas net (dan sedekat mungkin dengan ujung meja).

9. Banyak berlatih dibanding bertanding.

Latihan artinya mengacu pada semua waktu yang Anda habiskan untuk mengembangkan permainan tenis meja Anda dengan berkonsentrasi pada beberapa aspek yang ingin Anda perkuat.
Tujuan utama selama latihan adalah untuk mengembangkan permainan Anda. Di sisi lain, ketika Anda mengikuti kompetisi, tujuan utama Anda adalah menang, bukan meningkatkan satu bagian permainan Anda.
Sebelum anda ikut kompetisi adalah penting untuk bermain latih-tanding di mana tujuannya adalah untuk menyatukan keterampilan atau taktik baru ke dalam situasi seperti pertandingan.
Penekanan untuk latih-tanding ini adalah masih pada pengembangan, bukan menang. Dan ketika Anda ikut kompetisi, meskipun tujuan utama Anda adalah menang, Anda harus bisa belajar banyak tentang keahlian dan taktik Anda dengan menganalisis pertandingan Anda setelah acara selesai.

10. Miliki pelatih atau mitra-latihan tenis meja.

Untuk benar-benar memajukan permainan Anda, penting untuk menemukan orang lain dengan tujuan dan level bermain yang sama dan berlatih dengannya.
Klub tenis meja adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan tujuan ini. Sebagian besar klub memiliki pemain dari semua level permainan yang berbeda. Temukan seseorang pada level bermain yang sama dengan Anda dan berkomitmen untuk berlatih bersama secara teratur, konsisten.
Anda harus menilai kemajuan Anda secara berkala dengan bermain dengan pemain di level yang lebih tinggi.

Juga, sebagian besar klub memiliki pelatih tenis meja yang dapat sangat membantu meningkatkan permainan Anda.

Pilihan mitra-latihan lainnya adalah robot tenis meja. Banyak klub tenis meja memiliki robot untuk berlatih dan berlatih bersama, atau Anda bisa mendapatkannya untuk rumah Anda dan dapat berlatih dan melatih kapan saja Anda mau, selama yang Anda inginkan!

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.