Yin Pai Persiapan Pukulan


Sumber: pingsunday.com

Tehnik tenis meja di negeri China adalah sangat menekankan pada Yin Pai. Karena pukulan (stroke) dalam tenis meja memerlukan timing, yin pai, akselerasi.
Saya akan bicara tentang konsep Yin Pai. Jika kamu mengetahui konsep ini, kamu akan berkembang dengan sangat cepat.

Pukulan sempurna = Timing + Yin Pai + Akselerasi

Yin Pai merupakan pembeda utama antara pemain pro dan pemain amatir. Pemain profesional mengetahui bagaimana cara persiapan sebelum memukul, dan kemudian mereka menghasilkan pukulan (shot) berkualitas. Sementara itu, pemain-baru selalu mengatakan “Aku tak punya cukup waktu, bola bergerak terlalu cepat”.

Keduanya pemain pro dan amatir adalah sama-sama memiliki sejumlah waktu sebelum memukul. Tetapi pemain pro mengetahui cara menggunakan waktu singkat ini dan pemain amatir hanya menghabiskan waktu berharga ini.

Apakah Yin Pai dalam tenis meja?

Para pelatih dari negeri China sangat menekankan langkah ini “Yin Pai” karena sangat penting. Langkah ini menentukan kualitas pukulan.

  • “In” artinya “mengalir”, mengalir masuk. Ini seperti kamu membiarkan air mengalir ke saluran.
  • “Pai” artinya raket. Jadi “Yin Pai” artinya membiarkan raketmu megalir, atau membawa kembali raketmu secara alami, untuk membuat ruang sebelum memukul bola.

Tetapi filosofi tehnik dari negeri China memfokuskan pada “biarkan ia mengalir”, jadi kamu harus melakukannya secara alami, lancar, secara santai. Sebagian pemain amatir melupakan melakukan “Yin Pai”, sehingga dia tidak memiliki cukup waktu untuk memukul bola berikutnya. Atau sebagian pemain melakukan “Yin Pai” ketika saat2 terakhir, secara tiba2, dengan cara dipaksakan, sehingga mereka tidak dapat mengakselerasi (mempercepat) pukulan pada waktu-tepat, dan kualitas pukulan berkurang.
Jadi, kata “In” adalah sangat penting, seharusnya diartikan sebagai “biarkan ia mengalir” bukan sekedar “bawa kembali raketmu”.

Cara melakukan “Yin Pai”.

Dengan melakukan langkah2 “Yin Pai”, seorang pemain dapat memukul bola secara konsisten dan bertenaga. Bukan hanya sekedar”bawa kembali raketmu”. Tetapi ada 3 langkah benar melakukan Yin Pai.

  1. Kamu harus memperkirakan (estimasi) dimana bola akan memantul. Dan ambilah posisi optimal. Ini bisa dilakukan dengan footworkmu.
  2. Kamu harus melakukan pindah-berat-badan (weight-transfer). Kamu harus merendahkan tubuhmu, massa tubuh adalah dipindahkan dari kaki-kanan ke kaki-kiri. Dengan melakukan ini, siku (elbow) dan raket akan mengikuti secara alami. Ini adalah inti dari gerakan “In” – yang harus diikuti.
  3. Dan pada saat terakhir, kontraksikan otot dan kirim semua kekuatan ini, mulai dari kaki-kaki ke pinggang, tepukkan siku, ke tangan Anda dan raket. ~

Konsep Yin Pai adalah sangat penting, yaitu “persiapan untuk pukulan, membiarkan bola datang (untuk diikuti), dan kemudian mentransfer tenaga pada saat terakhir.

Sebagian pemain amatir tidak membiarkan bola datang, dan memukulnya terlalu segera! Ini adalah kebiasaaan buruk. Jadi setiap kali kamu melakukannya, ingatlah konsep “Yin Pai” ini, biarkan air mengalir memasuki kanal saluran. Jangan panik terburu-buru!

Yin Pai, akan meningkatkan konsistensi pukulan, juga tenaga dari seranganmu.

Bagaimana mengingat tahapan Yinpai sebelum pukulan?

Kamu harus membayangkan ada tali “tak terlihat” yang terhubung antara bola dan raketmu. Jadi jika kamu ingin membuat bola itu datang, maka kamu harus menarik bola itu.

Ini mirip bola di dalam air, jadi kamu harus membuat kanal saluran, dan membiarkan air datang. Artinya untuk menggali kanal, yang harus kamu lakukan adalah transfer berat badan, bawa ke belakang raketmu, dan biarkan bola mengalir datang ke dalam kanal ini, inilah yang dimaksud sebagai tali tak terlihat (invisible string).

— bersambung —

Rigth Timing.

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.