5 Cara Meningkatkan Permainan Tenis Meja


Sumber: pingsunday.com

5 Tips Mudah Membantumu Meningkat.

Jepretan Layar 2019-09-01 pukul 20.19.59

Mengapa Permainanmu Macet dan Berhenti Berkembang.

Kamu tidak akan menjadi lebih baik dalam tenis meja jika kamu tidak tahu cara berlatih!

Jika kamu seorang pemula, kamu harus tahu:

  • Bagaimana memilih blade dan karet yang tepat untuk pemula.
  • Menguasai 10 keahlian dasar tenis meja dalam 2 tahun.
  • Trik “efektif” agar menang mudah.

Tapi jika kamu seorang pemain serius, maka satu2nya jalan untuk menang adalah berlatih cara yang benar.

Jika kamu tidak tahu bagaimanaa berlatih secara efisien, maka ke depannya kamu tidak bisa meningkat dengan cepat bahkan setelah bertahun2 latihan. Kali ini penulis akan menjelaskan kepadamu tentang 5 nasehat untuk mengembangkan keahlian tenis meja anda dengan menggunakan Metode Latihan Negeri China. Mereka memiliki sistem terbaik pada pelatihan, pendidikan dan kepelatihan olahraga tenis meja.

Mengapa anak2 negeri China bisa meningkat begitu cepat, hanya dengan belajar tenis meja selama 2 tahun. Mengapa?

Kamu juga berlatih di sebuah klub tenis meja dengan seorang pelatih, tetapi kelihatannya level kemampuanmu tidak bisa meningkat. Itu disebabkan pelatih2 tidak banyak mengetahui cara yang benar dalam melatih.
Untuk meningkat singkat, seorang pelatih dan pemainnya harus memahami PRINSIP2 dalam tenis meja.

Mengacu pada cara Pelatihan Negeri China, di sini ada 5 cara mudah untuk meningkatkan keahlian tenis meja anda dengan singkat. Luangkanlah waktu dan terapkan pada rutinitas latihanmu, maka kemampuan tenis mejamu akan meningkat singkat.

I. Focus on “feeling”. Fokus pada “rasa”.

Feeling adalah prinsip pertama dalam filosofi negeri China. Feeling adalah cara kamu menghasilkan bola berputar. Sebagian dari kita hanya memukul bola tanpa perasaan memutar bola. Jadi kualitas pukulan ini menjadi rendah karena kamu tidak mengendalikan putaran.

Jadi cara sederhana untuk meningkatkan feeling adalah: berlatih multi-ball seperti yang dilakukan anak ini dalam video. Di dalam video diperlihatkan seorang anak melatih feelingnya tanpa partner, di atas meja, sebakul bola, berdiri di samping meja dekat net, memukul bebas bola melewati net.

gambar

Cobalah untuk membentuk bola dan “fokus pada rasa”, ciptakan putaran pada bola.
Dengan cara ini, kamu juga bisa meningkatkan mekanisme pukulan.

Jadi ingatlah, feeling adalah sangat penting, dan ketika kamu menguasainya, kamu bisa mencoba memukul keras, semakin keras. Jangan memukul keras tanpa merasakan bola.

Jika kamu memiliki satu kebiasan buruk, misalnya mekanisme-pukulan yang buruk, kamu harus perbaikinya sekarang dengan fokus pada feeling. Cobalah berlatih sederhana; fokuskan pada putaran. Cara ini akan membantumu meningkatkan control. Kamu akan menemukan cara sendiri untuk memutar bola.

2. Hit by the “Legs”. Memukul dengan “kaki-kaki”.

Prinsip kedua yang ditekankan dalam tenis meja negeri China adalah “memukul dengan kaki-kaki”. Banyak pemain Eropa mengira bahwa memukul itu dengan lengan, tetapi pemain negeri China mengatakan “memukul dengan kaki=kaki”.

Memukul degna kaki2, artinya seluruh tubuh juga ikut digunakan dalam proses memukul: dengan cara ini, suatu pukuln akan lebih kuat dan lebih konsisten.
Inilah rahasia para pemain negeri China bisa memukul dengan sangat keras ketika mereka memukul bola dengan pukulan yang lebih besar lagi, karena mereka mengembangkan mekanisme penuh dalam membuat pukulan.

Di negeri China, mereka juga memperbaiki siku, mereka tidak membiarkan para pemain menggerakkan bebas lengan-bawah mereka. Cara ini akan memaksa pemain2 untuk menggunakan kaki-kakinya, untuk bergerak dan memukul dengan memutar tubuh. Ini adalah mekanisme terbaik memukul dalam tenis meja. Kamu harus jua mempelajarinya. Latihan ini akan mengkoreksi mekanisme-buruk dan meningkatkan konsistensi dan juga tenaga pukulan.

Lihatlah video; mereka memutar tubuh untuk memukul bola. Lengan/lengan-bawah mereka bergerak hanya sedikit. Jadi ingatlah ini: lengan hanyalah sebuah alat untuk mentransfer tenaga ke bola, tubuh, kaki-kaki digunakan untuk menghasilkan kekuatan.

Kamu tidak perlu memutar lengan untuk memukul bola, tetapi kamu harus memutar tubuh. Karena memutar tubuh itu lebih mudah, lebih cepat dan lebih kuat daripada memutar lengan/siku. Ingatlah ini, dan kemampuan tenis mejamu akan meningkat pesat.

3. Fix the contact posistion. Perbaiki posisi kontak pada bola.

Saya ditanya oleh pemain2 saya: “Dimana seharusnya kamu memukul bola?”

Mereka tidak tahu tepatnya dimana seharusnya memukul bola. Mereka menjawab, mereka hanya memukul bola di posisi berdasarkan kebiasaan. Jadi setiap saat, mereka akan memukul bola berbeda2 posisi, akibatnya konsistensi dari stroke akan menurun.

Selalulah memukulbola pada posisi sama dan tepat. Inilah ya disebut “timing”.

Lihat pada video, seorang pelatih menanyai murid2nya:

“Tunggu bola, dan perbaiki posisi sebelum memukul.

Dengan melakukan latihan ini beberapa kali, kamu sudah membentuk satu kebiasaan baik, mekanisme bagus dalam memukul bola. Setiap kali kamu memukul pada posisi yang sama, maka konsistensi dan kualitas akan tetap terjaga.

Ingatlah: Tunggu sampai posisi optimal sebelum memukul bola.

Kamulah yang memiliki waktunya. Jangan buru-buru memukul bola kemudian gagal. Jangan buru-buru memukul bola sementara kamu tidak tahu, di posisi mana kamu memukul bola.

4. Relax, Explode and Relax. Tubuh Relax, Meledak dan Relax lagi.

Biasanya kamu tegang selama pertandingan. Tenis meja tidak bisa dimainkan jika anda tegang. Cara yang benar adalah: Rileks, Meledak pada saat memukul dan Rileks lagi.
Jika kamu terlalu tegang, maka terjaid penurunan feeling (rasa), speed menurun, dan kamu tidak bergerak dengan cepat. Buatlah video dirimu dan kamu akan dapati kamu begitu tegang.

Jadi ingatlah, biarkan tubuhmu rileks dengan benar setelah memukul di setiap situasi. Maka kamu akan menjadi lebih cepat dan lebih cepat dengan cara ini.

RIleks! Meledak dan Rileks! 3 langkah!

3 langkah ini secara dramatis (mengesankan) akan meningkatkan kualitas pukulan.

5. Learn the tactics. Pelajari berbagai taktik.

Dengan mempelajari taktik, kamu akan tahu dimana seharusnya memukul bola; apakah ke forehand lawan, pertengahan, backhand, atau harus memukul panjang, atau pendek.

Taktik membantmu untuk mematikan kekuatan lawan, dan memaksa lawan untuk bermain dalam gaya permainanmu.

Kamu harus memiliki seorang pelatih bagus; karena dia akan membantumu memperbaiki tehnik2 dan mempelajari taktik2. Jika kamu tidak menemukan seorang pelatih, maka pelajari dari internet.

— bersambung —

 

One comment

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.