Cara Bermain Tenis Meja dalam 10 hari 3/10


Sumber: https://www.experttabletennis.com/how-to-play-table-tennis/

Tidak ada penambahan materi-luar dari usaha penterjemahan ini.
Terdapat pemotongan paragraph untuk tujuan penyederhanaan materi.
Kesalahan penterjemahan dan makna, mungkin saja terjadi.

Hari 3 – Footwork

Aspek penting terakhir yang harus dibahas sebelum Anda mulai memukul bola adalah footwork (cara gerak-kaki) Anda. Banyak pemain terlebih dahulu diajarkan oleh pelatihnya semua pukulan dengan posisi kaki-diam, lalu kemudian diajarkan pukulan bersama footwork dan selanjutnya ditambahkan gerakan2 yang lebih jauh lagi. Cara seperti ini sepertinya ide buruk bagiku. Tenis meja adalah olahraga aktif di mana Anda harus memainkan pukulan dan bergerak.

Saya percaya bahwa jauh lebih baik melihat cara berlatih olahraga boxing. Pukulan (punching) jelas sangat penting dalam boxing tapi begitu juga gerak-kaki. Anda membutuhkan keduanya dan mereka saling terkait. Itu sebabnya bahkan petinju pemula pun diajarkan gerak-kaki di samping pukulan dasar. Mereka tidak memulai latihan dengan meninju dari posisi berdiri, dengan kaki datar, dan kemudian mencoba  menggabungkannya dengan gerak-kaki. Tetapi keduanya -pukulan dan gerak-kaki- dilatih bersamaan.

Gerak-kaki pada tenis meja cukup aneh. Karena Anda tidak perlu bergerak terlalu jauh, yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan penyesuaian kecil dengan kaki Anda.

Ini akan terasa sangat tidak wajar pada awalnya karena sangat sedikit olahraga lain yang memiliki gerakan semacam ini. Sehingga Anda butuh satu hari penuh untuk menguasai jenis gerak-kaki ini.

Anda harus berkonsentrasi untuk merasa nyaman dengan FW sidestep (melangkah-kesamping) pertama2, terutama dengan perubahan2 dari berbagai arah secara cepat. Anda bisa mempraktikkannya berkeling di seputar meja tenis meja membentuk lingkaran. Kemudian Anda dapat beralih ke pola gerak kaki yang lebih cepat atau mencoba menempuh jarak yang lebih jauh dengan satu-langkah.

Tenis meja adalah olahraga yang sangat eksplosif (tenaga meledak2) dan jika Anda melihat salah satu pemain top, Anda akan melihat bahwa mereka semua memiliki betuk dan kemampuan kaki yang hebat. Gerak-kaki pemain top semacam ini adalah hasil kerja keras!

Saya merekomendasikan menjaga bat Anda di tangan, saat berlatih gerak kaki dan selalu mengingat untuk tetap berada dalam posisi santai dan rendah. Hal ini akan membuat Anda tetap seimbang saat bergerak dan membuat latihan lebih realistis seperti pengalaman bermain tenis meja sesungguhnya.

— bersambung —

 

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.