Cara Bermain Tenis Meja dalam 10 hari 1/10


Diterjemahkan dengan translate.google.com, translate.com dan disadur dengan sedikit penyesuaian dari sumber: https://www.experttabletennis.com/how-to-play-table-tennis/

Tidak ada penambahan materi-luar dari usaha penterjemahan ini.
Terdapat pemotongan paragraph untuk tujuan penyederhanaan materi.
Kesalahan penterjemahan dan makna, mungkin saja terjadi.


Awal penyusunan: 26/11/2017
Last Edited: 10 Agustus 2019

Apakah Anda ingin belajar tenis meja?

Cara Bermain Tenis Meja dalam 10 Hari adalah sebuah kursus tenis meja yang dipercepat yang secara sistematis akan mengajarkan dasar-dasar teknik tenis meja yang tepat dalam 10 langkah sederhana. Ini cara tercepat bagi pemula untuk belajar bermain tenis meja.

Saya telah melatih ribuan pemula (secara harfiah)

Ben Larcombe Halo, nama saya Ben Larcombe .

Tenis meja adalah olahraga yang sangat kompleks namun paling sederhana, bisa dipecah menjadi beberapa bagian penting. Secara khusus fokuskanlah pada pecahan ini dan Anda akan menjadi pemain tenis mahir dalam waktu singkat (10 hari tepatnya).

Itu bukan berarti Anda akan menjadi ‘ahli’ dalam 10 hari (itu satu hal yang saya pelajari dari tulisan Pakar dalam Tantangan Satu Tahun , bahwa penguasaan itu membutuhkan waktu) tapi Anda akan berada pada tingkat di mana Anda dapat dengan mudah mengalahkan teman dan keluarga Anda.

Cara ini hanyalah permulaan. Penguasaan sebenarnya permainan tenis meja membutuhkan waktu bertahun-tahun dan saya yakin tulisan ini Cara Bermain Tenis Meja dalam 10 Hari adalah langkah awal terbaik yang bisa Anda lakukan.

Pengantar

Apasaja hal2 mendasar dari olahraga tenis meja?

Menjawab pertanyaan itu bisa jadi rumit, dan saya yakin pelatih yang berbeda memiliki gagasan yang berbeda mengenai hal ini, namun saya suka memasukkan hal berikut (dan mengabaikan hal lainnya, untuk saat ini);

  1. Grip
  2. Stance
  3. Footwork
  4. Forehand Drive
  5. Backhand Drive
  6. Backhand Push
  7. Forehand Push
  8. Serve
  9. Return of serve
  10. Match Play

Itulah 10 keahlian yang harus Anda kuasai dan saya sarankan Anda menanganinya dengan urutan itu.

Tiga yang pertama (grip, stance, footwork) adalah pondasi yang harus Anda latih sejak awal. Banyak pemain (dan bahkan pelatih) melompati bagian ini dan langsung melompat ke bagian memukul-bola. Pondasi yang lemah dapat menyebabkan seluruh permainan Anda rusak atau mencegah Anda untuk terus meningkat membangun dan memperbaikinya di kemudian hari.

Empat ditengah (forehand drive, backhand drive, push backhand dan forehand push) adalah empat pukulan dasar pada tenis meja dan akan menjadi bagian dari permainan Anda. Menguasai teknik yang benar sangat penting jika Anda ingin mengembangkan konsistensi dan akurasi terhadap pukulan2 Anda.

Tiga terakhir (serve, return serve dan match play) adalah sentuhan akhir yang memungkinkan Anda mengubah kemampuan yang baru Anda pelajari menjadi pengumpulan poin dalam sebuah pertandingan. Tidak ada gunanya hebat dalam rally jika kemampuan Anda itu tidak beralih ke situasi kompetisi.

Jika menurut Anda dalam satu jam praktek akan cukup untuk menguasai masing-masing keterampilan ini, saya khawatir Anda salah. Saya mengharapkan Anda memerlukan setidaknya 5 jam per keterampilan diatas, sebelum Anda mencapai tingkat kompetensi yang baik. Jadi keseluruhan sekitar 50 jam.

  • Anda bisa praktek 5 jam sehari selama dua minggu (10 hari). Saya percaya itu adalah cara ideal dalam belajar. Yaitu semacam ‘kursus kilat’ dalam tenis meja.
  • Sebagai alternatif, jika Anda tidak memiliki waktu khusus selama dua pekan, Anda bisa memecahnya menjadi bagian2 yang lebih kecil, seperti:
    • Satu jam sehari (5 jam sepekan) selama 10 pekan, atau
    • Satu jam sepekan selama lebih dari setahun.

Anda harus membuat rencana realistis untuk program latihan 50 jam Anda SEKARANG! Sebelum anda memulai. Anda juga perlu mencari seorang partner, beberapa partner atau klub untuk berlatih.

Akhirnya, Anda harus membeli bat tenis meja. Memilih bat bisa menjadi hal yang rumit dan merk ternama tetap tidak membantu walaupun dengan tempelan wajah pemain profesional pada kemasan bat yang sama sekali tidak berguna. Untuk membantu Anda memahami bat yang bagus, saya telah menulis artikel berikut: Bat Tenis Meja Terbaik untuk Pemula.

Jika semuanya sudah siap, saatnya berlatih …

Hari 1 – Grip

Keahlian mendasar pertama yang perlu Anda pelajari adalah grip (tmk: cara memegang bat) yang benar. Ada dua model grip utama di tenis meja; shakehand dan penhold.

Grip penhold adalah pegangan tradisional Asia di mana bat dipegang seperti pena antara jempol dan telunjuk. Grip penhold memiliki beberapa kelebihan (yaitu memungkinkan gerakan pergelangan tangan (wrist) yang lebih leluasa sehingga lebih banyak memproduksi –bentuk dan kadar– putaran-bola), tapi juga lebih sulit untuk dipelajari. Pemain Penhold hanya menggunakan satu sisi bat untuk pukulan forehand dan backhand atau tipe penholder yang lain mereka harus menguasai RPB (reverse-penhold-backhand; tmk: pukulan backhand dengan sisi belakang bat) stroke yang rumit. Hingga saat ini masih ada pemain penhold di peringkat teratas dunia (Xu Xin) namun gaya penhold seperti ini nampaknya semakin menurun popularitasnya, bahkan di China.

Grip shakehands merupakan grip tradisional Eropa yang sekarang banyak digunakan oleh pemain Asia juga. Saya (Ben) telah menggunakan pegangan shakehand sejak saya mulai bermain tenis meja lebih dari 15 tahun yang lalu dan oleh karena itu saya akan mengajarkan gaya grip ini.

Ada banyak variasi kecil dalam grip shakehand dan setiap orang memegang bat dengan sedikit berbeda.

VIDEO

Saya mendorong Anda untuk meluangkan waktu mengembangkan versi Anda sendiri berupa grip shakehands yang santai. Anda harus merasa nyaman dengan hal itu sebelum melanjutkan dengan memainkan pukulan2. Anda harus berlatih memantulkan dan mengendalikan bola dengan grip Anda. Ada banyak latihan koordinasi yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol bola dalam usaha membantu otak Anda menyimpan grip Anda ke dalam ingatan.

Grip Anda adalah satu-satunya penghubung antara tubuh dan bat Anda.

 

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.