Sering Ditanyakan.


Sumber:
http://butterflyonline.com/faq/equipment/

KLASIFIKASI Blade Yang Harus Saya Pilih.

Produsen Butterfly mengelompokkan setiap blade mereka ke dalam salah satu dari tujuh kategori yang berbeda. Pengelompokan ini adalah cara mudah untuk menentukan apakah blade itu tepat untuk gaya permainan Anda.

Mereka adalah:

[OFF +] Untuk permainan total-menyerang tanpa kompromi.
[OFF] Untuk bermain langsung-menyerang dengan banyak putaran, kecepatan, dan kekuatan.
[OFF–] Untuk bermain menyerang-menengah dengan banyak putaran, kecepatan, dan kekuatan.
[ALL +] Untuk bermain menyerang-serba-lengkap dengan campuran pukulan2 topspin dengan berbagai putaran.
[ALL] Untuk pemain serba-lengkap yang mencampur serangan dan kontrol dalam rally.
[ALL-] Untuk pemain serba-lengkap yang menekankan pada kontrol dan konsistensi dari semua jarak.
[DEF] Untuk pemain bertahan-tradisional dengan penekanan pada pukulan chop dari jarak jauh.

SPEED Artinya

Digunakan banyak jenis kayu berbeda dalam konstruksi blade modern. Setiap jenis kayu memiliki rasa dan kecepatan unik yang melekat secara bawaan. Tingkat kecepatan (speed) raket menunjukkan kecepatan bola yang relatif dengan raket lain di lini produk kami. Kecepatan yang dihasilkan adalah integrasi (gabungan) berbagai jenis kayu dalam sebuah blade.

CONTROL Ditentukan

Besarnya kontrol pada sebuah blade adalah tidak dapat diukur. Tingkat Kontrol itu berbeda untuk setiap individu. Tingkat kontrol Anda akan sebanding dengan jumlah waktu yang Anda habiskan untuk berlatih. Semakin banyak Anda bermain berlatih, maka semakin tinggi kontrol yang akan Anda miliki. Untuk membantu Anda dalam memilih sebuah blade, kami telah memberi peringkat kontrol setiap blade yang mana relatif terhadap speed blade. Secara umum, semakin tinggi rating speed sebuah blade, maka semakin sulit untuk mengontrolnya.

FEEL pada Blade

Permainan tenis meja adalah satu permainan rasa (feel) dan setiap jenis kayu memiliki rasa uniknya sendiri yang melekat pada kayu. Karena itu, kami memberikan Anda informasi penting ini.

“FEEL” diukur dari jumlah respons atau sensasi yang diberikan raket pada titik kontak. Raket dengan feel ‘HARD’ tidak akan menawarkan respons tinggi. Feel “MEDIUM” akan memiliki respons yang terasa nyata sementara fell “SOFT” akan paling banyak memberikan rasa respon.

Dari sudut pandang kinerja, blade dengan feel ‘HARD’ sangat bagus untuk Hitter dan Power Play (mengandalkan kekuatan).

Feel ‘SOFT’ sangat bagus untuk permainan blok dan mampu menghasilkan spin yang lebih baik, karena bola berada lebih lama pada blade ketika kontak terjadi.

Feel ‘MEDIUM’ adalah yang paling umum dan menawarkan yang terbaik dari kedua sebelumnya. Ini cocok untuk semua gaya permainan.

DeepinScreenshot_20190612153728

Karet yang cocok untuk permainan saya.

Note: racket = blade + rubber + glue.

Sebagian besar kecepatan bola yang dihasilkan raket Anda ditentukan oleh blade Anda. Karet, ketika berkontribusi pada kecepatan raket Anda, paling utamanya akan berfungsi sebagai sumber penghasil spin. Semua karet dapat dikelompokkan ke dalam lima kategori berbeda. Yaitu:

  • Karet Inverted dapat menghasilkan putaran yang luar biasa karena permukaannya yang lengket. Cocok untuk semua gaya permainan mulai dari penyerang-total hingga pemain-bertahan yang mindsetnya pukulan chop saja. Inverted adalah jenis karet yang paling fleksibel.
  • Karet Short-pip (bintik pendek) adalah lembaran karet inverted yang dipasang terbalik. Ruangan (kosong, rendah) diantara bintik2 akan membantu menangkap sebagian putaran bola lawan Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyerang secara agresif pukulan2 lawan Anda dengan mengabaikan putaran-bola yang datang. Karet Short-Pip bagus untuk pukulan-datar (hit), memblok, dan mengembalikan serve (return). Namun, mereka tidak dapat menghasilkan spin sebanyak karet inverted.
  • Karet Long pips (bintik panjang) umumnya digunakan oleh pemain yang mengandalkan kesalahan permainan dari lawan mereka. Komposisi karet bintik panjang mirip dengan karet bintik pendek, tetapi dimensi bintik2nya lebih tinggi. Ketika bola lawan Anda menyentuh permukaan karet ini, bintik2 yang lebih tinggi ini mudah tertekuk, sehingga MEMBALIKKAN putaran yang datang. Ini membuat lawan Anda akan menebak-nebak seperti apa jenis putaran pada bola yang datang.
  • Karet No Sponge (OX) adalah lembaran karet bintik pendek dengan tidak adanya spon. Karet ini tetap hebat mematahkan putaran bola datang, juga menghasilkan bola tajam (sharp) dan pukulan renyah (crispy) dengan spin lebih sedikit dan kecepatan jauh lebih lambat (dibanding karet bintik-pendek, TeeMKa).
  • Karet Anti-spin adalah lembaran karet inverted yang memiliki topsheet (lapisan atas) dengan permukaan sangat licin dan lapisan spon “mati”. Efek yang dihasilkan adalah sebuah lembaran karet yang sangat baik untuk memblok, mengembalikan servis dan bagus untuk mengubah irama permainan (pace). Bagi mereka yang jarang memainkan kedua sisi raket ketika dalam permainan, karet anti-spin akan ideal dipasang untuk sisi belakang raket. Dengan karet ini, lawan Anda umumnya akan menghadapi bola dengan sedikit rotasi, atau bola ‘buku jari (knuckle)’ (tmk: bola terbang dengan kurva patah2). Dengan menggunakan karet ini umumnya akan mengarahkan anda kepada bola2 datang yang mudah Anda serang. Inilah satu alasan tambahan yang bagus sebagai persediaan senjata kemenangan Anda.

Kapan waktunya mengganti karet.

Kinerja karet akan memburuk seiring waktu dan elemen2 lain yeng mempengaruhinya. Putaran karet yang dihasilkan akan semakin berkurang dibanding ketika ia kondisi baru dan semakin hari terasa tidak hidup.

Harapan waktu hidup lembaran karet Anda akan bervariasi tergantung pada seberapa sering Anda bermain tenis meja, tetapi aturan praktis yang baik adalah:

[# berapa hari dimainkan / pekan ] = [# berapa kali diganti / tahun]

TeeMKa memberi contoh:

Jika [ 4 hari bermain perpekan ] = maka [ 4 kali ganti pertahun ]

 

BERAPA KETEBALAN SPON YANG HARUS SAYA PILIH ?

Banyak karet menawarkan beberapa pilihan ketebalan spon. Lapisan spon, adalah bidang antara topshet dan kayu, dia bertindak memantulkan seperti alat trampolin.

Spon yang lebih tipis, sifat pantulanya akan kurang “ber-pegas” dan terasa keras, karena bola umumnya akan tenggelam ke permukaan kayu, menghasilkan lebih sedikit putaran dan kecepatan.

Spon yang lebih tebal akan memiliki rasa yang lembut dan menghasilkan terbang bola yang lebih cepat dan memberikan lebih banyak putaran karena bola akan meresap jauh ke dalam lapisan spon yang melontarkannya ke luar dengan kecepatan luar biasa dan meningkatkan putaran.

— bersambung —

 

 

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.