Stance dan Posisi Siap dalam Tenis Meja


Sumber: https://www.experttabletennis.com/table-tennis-stance-and-ready-position/

by


Pendahuluan

Hari ini kita akan membahas cara berdiri (how to stand), di mana harus berdiri (where to stand), dan mengapa.

ready+pos1

Sebelum saya mulai saya hanya ingin memperjelas perbedaan antara “stance” dan “ready position”. Anda mungkin pernah mendengar orang menggunakan kedua istilah tersebut, hampir secara bergantian, tapi inilah cara saya mendefinisikan keduanya;

  • Stance menjelaskan bagaimana cara berdiri tanpa memikirkan di-mana harus berdiri. Ketika saya menggunakan kata “stance”, saya merujuk pada cara-pemain-berdiri dalam tahap permainan apapun. Misalnya, saat serve ada stance-benar dan stance-salah yang spesifik untuk individu tersebut. Oleh karena itu, stance yang benar tergantung pada stroke yang dimainkan.
  • Posisi siap menggambarkan bagaimana dan dimana harus berdiri saat kita sedang menunggu bola. Ketika saya menggunakan ungkapan “posisi siap”, saya mengacu pada stance generik (umum) dan netral yang mungkin Anda gambarkan sebagai oleh pemain yang menerima servis; Kaki terpisah cukup lebar, lutut ditekuk, tubuh berjongkok, dan kedua lengan di depan Anda, dengan bat di posisi netral. Posisi siap tidak berubah.

Bagaimana cara berdiri

Seperti yang saya sebutkan dalam pendahuluan posisi-siap memiliki 5 komponen kunci;

  1. Kedua Kaki: Anda membutuhkan kedua kaki yang sedikit melebar saat bermain tenis meja. Dari pengalaman saya seorang pemula keadaan dua kaki mereka terlalu-rapat padahal seharusnya terbuka-melebar. Beberapa pelatih mengatakan bahwa kak-kaki seharusnya “terbuka-lebih-lebar dari bahu” tapi saya akan melangkah lebih jauh dari itu dan mengatakan bahwa kaki harus berada di antara 1,5 dan 2 kali bahu. Denan kaki-kaki yang lebih lebar akan memberi Anda pondasi yang lebih stabil, membantu Anda bergerak dan memungkinkan Anda mentransfer berat badan Anda dari satu-kaki ke kaki-lain untuk membangun kekuatan. Juga, sebaiknya kaki-bukan-sisi-main Anda sedikit lebih didepan kaki-sisi-bermain Anda. Misalnya, pemain-tangan-kanan harus dengan kaki-kiri sedikit di depan kaki-kanan mereka.
  2. Kedua Lutut: Jika kaki Anda benar-benar lurus (tidak ditekuk), Anda akan  mengalami ketidak-keseimbangan dan tidak dapat berpindah ke arah bola yang melebar. Karena itu, lutut Anda harus selalu sedikit ditekuk. Jangan menekuk lutut terlalu rendah sehingga membungkuk dalam ‘posisi jongkok’ . Sedikit ditekuk sesuai yang Anda butuhkan.
  3. Tubuh: Saat bermain tenis meja tubuh Anda harus menyudut ke meja dan membungkuk. Ini berarti kepala dan bahu Anda ke depan dan sedikit ke bawah. Hal ini, pada gilirannya, akan menghentikan Anda memasuki ‘posisi jongkok’ dan akan menggeser berat badan Anda ke jari2-kaki (bagian depan kaki) yang akan membuatnya lebih mudah bergerak. Posisi membungkuk ini juga akan menghentikan Anda ketika menyeret dari meja saat Anda memainkan tembakan Anda. Ini adalah masalah umum bagi pemain yang memiliki berat badan di tumit mereka.
  4. Kedua Lengan: lengan Anda harus keluar di depan tubuh Anda, dan forearms (lengan depan) sejajar dengan tanah. Keduanya membantu stance membungkuk / bersandar ke depan sehingga membuatnya lebih mudah untuk bermain stroke. Satu hal yang selalu saya bicarakan adalah menjaga siku agar di depan tubuh Anda. Saya melihat banyak pemula meletakkan lengan-depan mereka di depan badan mereka tapi siku mereka masih “terselip di” di sisi tubuh mereka. Ini bukan teknik yang bagus dan hampir2 akan mengurangi separuh ‘jangkauan’ Anda untuk bola-lebar dan memperkecil kesempatan Anda untuk bermain dengan pukulan yang kuat. Terakhir, kebanyakan pemain keadaan lengan-bebas (free arm) mereka sejajar dengan lengan-bermain mereka, untuk keseimbangan.
  5. Bat: Bat / tangan / pergelangan-tangan adalah komponen2 terakhir dari posisi-siap yang benar. Kami berasumsi bahwa kita tidak tahu kemana bola akan pergi (walaupun kita melakukan latihan rutin dan kita sudah melakukannya) dan oleh karena itu kita harus menjaga agar bat berada dalam posisi-netral, yaitu dengan mengarahkan tepi atas raket ke arah lawan kita. Dengan cara itu adalah mungkin bagi kita untuk bermain baik backhand atau forehand, sesuai kebutuhan. Jaga pergelangan-tangan Anda tetap lurus juga. Membengkokkan pergelangan-tangan bukanlah ide bagus dan akan menyebabkan kurangnya kontrol, forehand “hooky/bolos”, dan sekali lagi, kurangnya power.

Penting untuk diingat perbedaan antara stance dan posisi-siap. Posisi-siap adalah pondasi tapi kadang-kadang stance harus diubah untuk pukulan tertentu. Misalnya, jika Anda ‘opening up (membuka diri)’ dan melakukan topspin sebuah bola backspin dengan forehand, Anda mungkin mulai dengan posisi-siap yang netral namun dengan cepat stance Anda tersebut harus disesuaikan. Anda mungkin perlu kaki Anda sedikit lebih lebar, lutut kanan Anda sedikit lebih bengkok dan lengan kanan dan bat Anda lebih dekat ke tanah.

Namun, prinsip umumnya sama. Jika berat badan (weight) Anda ada di tumit maka Anda mungkin saja salah. Jika punggung Anda lurus, atau siku terpaku pada sisi tubuh atau lutut ditekuk dalam posisi ‘jongkok’, teknik Anda mungkin tidak terlalu tepat.

Inilah video besar Alois dari Ping Skills yang menguasai komponen2 kunci dari sikap dasar dan menjelaskan semua tentang keseimbangan dan stabilitas.

Dimana Tempat untuk berdiri

Begitu Anda mengerti bagaimana cara berdiri, penting untuk memikirkan di mana Anda ingin berdiri terhadap meja. Berikut adalah beberapa tip;

  • Posisikan bat Anda di tengah: Begitu Anda mulai bermain tenis meja, Anda akan sadar, bahwa Anda bisa meraih lebih jauh ke sisi forehand Anda daripada ke sisi backhand. Karena itu, dengan berdiri sepenuhnya di tengah meja adalah ide yang buruk. Sebagai gantinya, posisikan bat Anda sesuai dengan bagian tengah meja. Jika Anda tangan-kanan, ini berarti berdiri agak ke kiri dari pusat meja. Jika Anda kidal, ini berarti berdiri sedikit ke kanan meja.
  • Berikan jarak: Kesalahan umum lainnya yang saya lihat pada pemula adalah berdiri terlalu dekat ke meja. Beberapa pemain bahkan ada kaki yang menyentuh ujungnya! Berdiri di dekat ini memberi Anda sedikit waktu untuk bereaksi terhadap pukulan, membuat anda sulit bergerak, dan sering membuat Anda berdiri tegak (bukan berada dalam posisi “membungkuk” yang benar). Ambil setengah langkah ke belakang. Tidak terlalu jauh, dengan cara ini akan membuat pukulan lebih sulit dimainkan secara akurat tapi cukup memberi sedikit ruang.

Inilah video bagus tentang posisi siap pakai oleh Stephen Foster untuk AllAboutTableTennis. Video yang mencakup ‘dimana berdiri’ dan juga ‘bagaimana berdiri’ secara rinci.

Dan itulah semua yang perlu Anda ketahui tentang stance dalam tenis meja dan posisi-siap. Sangat penting bahwa Anda memiliki grip (pegangan) dan stance (sikap-dasar) yang benar untuk semua pukulan.

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.