Latihan Multiball untuk Mempercepat Pengembangan Tenis Meja Anda


Diterjemahkan dengan translate.google.com dengan sedikit penyesuaian dari sumber:

https://www.experttabletennis.com/use-multiball-training-to-speed-up-your-table-tennis-development/


Multiball adalah suatu metode latihan tenis meja yang pertama kali diperkenalkan oleh orang Cina. Latihan ini bekerja sangat baik dalam situasi satu-lawan-satu (seperti pelatihan pribadi), di mana pelatih bekerja hanya dengan satu pemain, namun juga dapat berhasil digunakan dengan rasio pelatih:pemain 1: 2 atau 1: 3 atau dalam sesi pelatihan kelompok (di mana, sebagai pemain, Anda memfeed multiball kepada satu sama lain).

Multiball tidak hanya untuk para petenis meja yang mahir. Multiball juga dapat dimasukkan ke dalam sesi latihan pada semua kelompok kemampuan, mulai dari yang benar2-pemula yang sedang belajar bermain forehand, sampai pemain tingkat menengah dan lanjutan.

Sebagai pengantar latihan multiball, saya sarankan untuk menonton video singkat yang diproduksi oleh ETTA ini. Ini memberi Anda kesempatan untuk menonton beberapa jenis multiball yang berbeda dan menjelaskan pentingnya multiball dalam pelatihan tenis meja modern.

Mengapa menggunakan Latihan Multiball ?

Anda mungkin belum pernah menggunakan pelatihan multiball sebelumnya tapi berikut beberapa alasan mengapa mungkin ini saatnya untuk anda mengambil seember bola dan mulai mencobanya;

  1. Multiball meningkatkan kuantitas (dan seringkali kualitas) bola yang bisa Anda terima dalam waktu singkat. Tidak ada waktu terbuang untuk berfikir saat mengambil bola begitu mulai rally dan seringkali lebih memudahkan bagi pelatih/pengumpanmu (feeder) untuk mengarahkan bola ke tempat yang tepat.
  2. Multiball sangat serbaguna dan bisa digunakan untuk memperbaiki gerak kaki, tenaga, kecepatan, waktu reaksi, kebugaran, daya tahan dan antisipasi.
  3. Multiball sangat bagus untuk mencoba-hal2-baru karena menghilangkan rasa takut gagal. Hal ini dapat membantu kepercayaan pemain dan mendorong perkembangan.

Latihan Multiball yang Biasa dilakukan

Ada begitu banyak kemungkinan model multiball, bahwa tidak realistis bagi saya untuk membuat daftar semuanya dalam satu pos. Berikut adalah beberapa contohnya;

  • Umpan-konstan ke area-tetap di atas meja. Pemain bisa berlatih tembakan tertentu seperti forehand topspin mereka.
  • Umpan pola footwork. Pemain bisa melakukan latihan gerak kaki seperti Falkenberg dengan multiball. Bisa teratur atau tidak-teratur.
  • Sebuah umpan-singkat diikuti oleh serangkaian bola topspin. Pemain sedang mempraktikkan satu situasi permainan dimana mereka menerima servis singkat dan kemudian bereaksi terhadap, dan melawan, sebuah titik serangan acak.
  • Umpan-backspin menggunakan dua pemain. Pemain-pertama (trainee) menerima dengan loop sebuah umpan-backspin (dari feeder), pemain kedua ada di sisi pelatih dan memainkan counter-topspin ke pemain pertama.

Saya telah membuat Direktori Tenis Tabel Tenis sebagai alat-latihan-gratis untuk pemain tenis meja.Terdapat daftar 100’s latihan tenis meja dan, bila tersedia, memiliki video untuk Anda tonton. Jika Anda ingin beberapa saran lebih-mendalam tentang drill multiball itu adalah tempatnya!

Cara memberi Feed multiball yang baik

Kecuali Anda cukup beruntung memiliki pelatih yang akan memberi feed multiball, Anda mungkin harus belajar sendiri memfeed dan berlatih dengan pemain lain atau dalam kelompok. Berikut adalah beberapa tips untuk memfeed (mengumpan) multiball;

  1. Berikan spin bola yang cukup. Umpan-standar membutuhkan banyak topspin agar lebih realistis. Umpan-mengambang sangat mengerikan untuk dimainkan, kecuali jika Anda menyukai pekerjaan Anda.
  2. Ambil 3/4 bola sekaligus. Anda tidak akan pernah bisa mengumpan dengan kecepatan yang cukup-cepat jika Anda memungut bola satu per satu. Berlatihlah meraih segenggam bola pada satu waktu.
  3. Pantulan Kecil untuk umpan-backspin. Sulit memberi umpan bagus dengan pantulan tinggi. Cukup jatuhkan bola setinggi 2/3 inci di atas meja dan lakukan umpan dengan sudut bet yang sangat terbuka.
  4. Jaga mata Anda pada pemain. Hal ini bisa sulit dilakukan pada awalnya tapi sebenarnya Anda harus memperhatikan (melihat) orang yang Anda umpan bukan melihat pada bola. Tandai (spot) kesalahan anda dan perbaiki.
  5. Terus mencoba. Tidak seorangpun yang bagus mengumpan multiball pada percobaan pertama mereka. Itu terasa tidak wajar dan Anda khawatir orang yang Anda umpan akan bosan. Biarkan seperti itu, akan menjadi lebih mudah!

Kesimpulan

Multiball sangat bagus dan benar-benar dapat membantu meningkatkan speed (kecepatan) perkembangan Anda. Latihan ini sangat serbaguna dan bisa digunakan untuk pemain di semua level. Anda tidak pernah terlalu baik atau tidak cukup baik untuk menggunakan multiball! Mungkin sulit untuk diatasi pada awalnya dan Anda mungkin merasa bahwa itu tidak benar-benar bekerja untuk Anda tapi berjuanglah melalui fase ini dan Anda akan segera merasa lebih mudah dan melihat manfaatnya.

Apakah Anda menggunakan multiball dalam pelatihan Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pengalaman positif / negatif dengan itu? Silakan tinggalkan komentar di bawah ini dan bagikan cerita Anda dengan orang-orang Expert Table Tennis lainnya.

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.