Memilih peralatan yang cocok


guk2, di/pada Juli 5th, 2008 pada 9:48 Dikatakan:

mas, kalo untuk tipe kanan serang (offensive) kiri tahan semi serang (BH nya suka nyemesh tp ybutuh yg kontrolnya bagus ga perlu kenceng) enaknya pake kayu dan karet apa? klo kayu sardius FH Bryce Speed n BH Srifer FX cocok nda? cepet ya, mumpung blm beli. thks

Begini, TeeMKa batasi dulu:
1. Pemain terlatih = seperti atlit, spare partner, pelatih, analis dan jajarannya.
2. Pemain tak terlatih
3. Pemain rekreasi = para pekerja, profesional, dimana olahraga untuk kesehatan, hiburan, interaksi sosial, dll, namun punya kemauan bermain bagus dengan sedikit2 berlatih dan mengetahui teori2.

Dari tulisan2 di weblog ini, dapat disimpulkan:
1. Berlatih memerlukan tahapan2 (dasar, lanjutan, special), dan tiap tahapan memerlukan peralatan berbeda2 sifatnya (speed, kontrol, feel, special).
2. Pemain top profesional TIDAK menggunakan raket dengan speed paling kencang yang ada di toko.

Sebagai pemain rekreasi yang ke depannya mempunyai waktu, tenaga, biaya untuk berlatih meningkatkan kemampuan tenis meja, sebaiknya pilih peralatan secara bertahap juga.
1. Baru bermain dan berlatih = Speed rendah, Kontrol tinggi, feel soft = untuk memahami bagaimana sifat alat2 itu berkerja
2. Lanjutan = speed lebih tinggi, kontrol tinggi, feel medium = untuk memperluas pemahaman perbedaan sifat2 alat
3. Special = speed bebas, kontrol bebas, feel bebas = untuk menggunakan sifat2 alat tertentu yang diterapkan pada gaya tertentu dengan keahlian khusus

Merk yang saudara sebut di atas berada pada top rank pada grafik perbandingan, biasa dipakai para pemain rekreasi karena nyaman dipakai, “mudah’ digunakan pada satu type permainan saat berhadapan dengan satu kelas peralatan (semua pemain klub itu memakai peralatan sejenis, blade karbon, karet inverted Eropa, speed glue, tidak ada LongPiper yang bola2nya tidak sama).

+ GRIP cara memegang raket juga mempengaruhi, kenyamanan, kecocokan, kemampuan, dan kepuasan si pemakai. D

+ Jika ini peralatan pertama yang akan saudara beli, sebaiknya pertimbangkan APAKAH ada kesempatan waktu dan orang yg akan membimbing dalam menguasainya kelak ? Jika tidak, beberapa minggu ke depan saudara mengeluh dan mencari alat baru.

+ Jika ini peralatan kesekian kali dan saudara belum mendapatkan peralatan yang nyaman dan cocok, sebaiknya pertimbangkan untuk berlatih dasar dgn pelatih, memahami cara kerja raket dan cara menerapkannya dalam gaya, dan gunakan peralatan yg murah (second) untuk mulai memperkuat ukuran feeling masing2 alat. Jika tidak berlatih dasar, bulan depan akan ganti peralatan lagi.

+ Jika sekarang sampai bbrp bulan ke depan sdr berlatih dgn seorang pelatih, dan menggunakan peralatan standart, maka beberapa bulan ke depan, sdr akan berganti peralatan lagi. D

Berlatih memerlukan kesabaran )

21 comments

  1. Mas, aku punya blade Slager Light; karet apa ya yang cocok untuk blade tersebut ?

    thanks ya

    Eddy

    Bila yang dimaksud adalah Schlager Carbon Light buatan BTF, TeeMKa menjawab seperti berikut ini:

    Kita lihat spesifikasi teknis dari blade tsb:
    —The Schlager Carbon Light is designed for players looking for a more controllable version of our very popular Schlager Carbon Blade. The light weight of this blade is perfect for close to the table aggressive play and for players wishing to use maximum thickness rubbers while maintaining excellent racket speed.—
    – Speed: 9.0; Control: 6.9; Ply: 3 TAMCA 5000 Carbon; Weight: g ± ; Thickness: 6.2mm; Feel: Hard

    1. SCL dirancang untuk pemain yang menginginkan versi blade Schlager Carbon namun dengan versi yang lebih bisa dikontrol.
    + Versi lain yg dimaksu adalah Schlager Carbon (speed=10.5, control=6.5, feel=hard), bandingkan dgn SCL (9.5, 6.9). Speed yg berkurang 1.0 artinya SCL bertambah kontrol walaupun hanya sebesar 0.4. Bgmn tepatnya perbedaan itu, cobalah memakai kedua blade ini dgn karet, glue, bola, meja dan lawan yang sama. Dengan pukulan yang sama (misalnya drive), SC akan menghasilkan bola lebih panjang, curva lurus, cenderung gagal seperti ke luar meja. Sdngkan SCL menghasilkan bola lebih pendek, curva agak melengkung, mudah dicontrol penempatan bola, sering masuk meja lawan atau jarang gagal.

    2. Dengan bobot (berat) yang ringan, blade ini sempurna (perfect) untuk bermain agressif di dekat meja.
    + Blade ringan cocok utk bermain agresif, tapi menurut TeeMKa blade kencang tidak cocok bermain agresif dekat meja, kecuali dikompensasi (dibayar) dgn karet yg lambat (pimple out) bahkan pasif (anti). Bermain agresif dgn bola yg kencang di dekat meja, akan menyulitkan pemain itu sendiri thd pengembalian lawan dgn datangnya bola yg lebih cepat lagi. Walau blade kencang berhasil baik membuat pukulan smash tapi akan kesulitan membuat blok, shortcut, shortpush, serve pendek, slow topspin dan permainan net serta bola2 diatas meja lainnya.

    3. Juga cocok untuk pemain yang ingin menggunakan karet dgn ketebalan maximum dan mempertahankan raket ini tetap kencang.
    + Blade kencang dgn spoon maximum, ini tipikal pemain Eropa. Perhatikan Werner Schlager (AUT) bagaimana gayanya bermain. Postur tubuh tinggi, pukulan keras, drive topspin jauh dari meja.

    Karet apa yang cocok untuk blade SCL ini?
    1. Paling tidak ada 3 level pemain, yaitu pemain terlatih (mis. atlit, clubber), pemain rekreasi (pernah cukup terlatih, para profesional), pemain tak terlatih (pemain dgn alat2 tidak standar). Dengan mengetahui dimana level kita berada AKAN memudahkan dalam memilih karet dgn tepat.
    2. Setiap blade bisa dipasang karet apa saja, masalahnya sanggupkah memainkannya? Bagi pemain terlatih dan berpengalaman akan tidak menjadi masalah kecuali maukah dia memakai sembarang karet untuk mendukung gaya permainannya?

    Mengapa pemain terlatih tidak bermasalah? Karena mereka sudah mempunyai ukuran2 peralatan, memahami bgmn dan untuk apa alat bekerja, pengalaman, feel yang bagus dan terlatih (seperti musisi yg peka thd nada, irama). :mrgreen:

    3. Akhirnya, dgn blade SCL cobalah melakukan observasi (penelitian) sendiri, dengan memakai 2 atau lebih karet second dari produsen yang sama. Misalnya produsen Z siapkan 2 pasang dari jenis B dan S.
    Kemudian pelajari dan bandingkan sendiri sehingga mengetahui ukuran blade (speed, control, feel, efek laninnya) dan karet (soft/hard, kinerja spon, stroke yang menjadi mudah, gaya permainan, efek lainnya). 🙂

    Suka

  2. Menurut saya Dalam bermain tenis meja tentunya ada tujuan yang ingin kita capai 2 diantaranya,losser but funny be happy atau menjadi pemenang tapi bermain buruk
    maksud saya ketika kita bermain walau kalah melulu “juru kunci/buncit” dalam top rangking
    tapi orang selalu senang/banyak yang nonton mungkin saja bola-bola yang indah atau enak ditonton,
    atau intertainment yang bagus so why?

    Jadi sang juara tapi orang banyak gak suka karena bola yang kurang enak ditonton dilihat untuk dijadikan hiburan, why?

    Tentu ini sangat menarik dan jawaban yang beragam namun pada intinya saya ingin sekali mendapat tanggapan dan komentar, karena mungkin saja bisa menjadi wacana saya untuk mengembangkan tenis meja seperti keinginan kebanyakan orang walau tentunya “Relatif” jawaban dan beragam pendapat,
    Trimakasih

    Jika yang dimaksud adalah bermain Rekreasional, maka menang kalah bukan tujuan dan tmk setuju seperti yang sdr katakan. Tapi ketika bermain Prestasi, maka HARUS menang bukan ? Jika tidak bisa menang, bearti KEMAMPUANnya masih dibawah pemenang2 lainnya dan harus menambah ilmu2nya.
    Bermain untuk entertaint (menghibur penonton) adalah hal lain dari 2 hal sebelumnya. Berbagai kelompok penonton tentu akan berbeda (relatif) tingkat keinginan hiburannya akan permainan2 yang tontonnya.
    Misalnya,
    + penonton awam akan menyukai tontonan reli2 yang tidak ada matinya, smash x blok, smash x lob, topspin x topspin, topspin x longcut, permainan2 extreme.
    + penonton yg juga pemain terlatih akan menyukai tontonan permainan yang SETINGKAT kemampuannya untuk mendapatkan inspirasi.
    + penonton yg juga pelatih dan pengurus akan menyukai tontonan yang mengakomodir semua fihak.

    Nah, sebagai penonton dan pemain tenis meja, KITA berada di tingkatan yang mana, dalam rangka apa, di mana ?

    Menurut TeeMKa, pemain yang terbaik dan terhebat adalah dia yang mampu MENYUGUHKAN permainan sesuai keinginannya (menang-kalah, statis-dinamis, gaya biasa-extreme), dalam rangka MENGHIBUR atau PRESTASI, di tempat latihan, panggung, stadion tanding.

    Suka

  3. saya bermain dengan jun mizutani dan karet forehand bryce fx dan back hand donic desto f 1, kira2 blade dan karet apa yang cocok untuk tipe permainan saya yang bermain block dan close to table ? terima kasih

    TeeMKa coba menjawab:
    Spek blade JM ini adalah:
    “…helped to design the ultimate attacking weapon for his modern topspin game”.
    Artinya memang dirancang untuk memainkan gaya TM ala JM, modern topspin spt yg ditunjukkan dalam video2 pertandingannya, bermain jauh dari meja, ala Eropa, bertahan dgn lob, tiba2 menyerang dmana gaya ini muncul ketika menghadapi lawan2 yang lebih cepat gerakannya.

    “…blade offers great speed and more dwell time for the ball on the blade than traditional carbon rackets”.
    Lebih kencang = nyaman dimainkan ketika jauh dari meja, jika dimainkan dekat meja mak diperlukan kecepatan tinggi sementara hasil bolanya tidak mengandung power yang kuat.

    Dengan pasangan karet diatas sepertinya gaya JM itu memang cocok untuk diadopsi. Apakah anda MAMPU melakukannya ?
    Semua tergantung materi latihan dasar, lanjutan serta selera. Jika memaksakan gaya yg berbeda maka keunggulan alat tersebut tidak bisa dieksploit dgn optimal.

    Type block dan close to table.
    Blok yang akurat bisa mengalahkan setiap pukulan lawan, tapi jika pukulan lawan sangat berkualitas dan sdr tidak siap, akan membuat blok sdr gagal, dan lawan akan bermain dalam mode ini.
    + Jika gaya ini dipertahankan cobalah berubah2 secara dinamis mengubah kecepatan, penempatan, curva dan tentunya berbalik menyerang dgn penempatan yang jauh dari tubuh lawan ketika tadi dia asik rally.
    Close to table, memrlukan gerakan kaki yang cepat, jika kaki sdr satu pola dan gerakan sdr hanya reflek dgn kontrol gerakan tubuh yang lemah, maka lawan akan bermain dinamis dgn bola2 yang berubah2 kecepatan dalam 1 perebutan poin, akibatnya sdr sering gagal sendiri dan tentunya menguras tenaga sementara lawan tertawa senang dan menikmati penderitaan sdr. 🙂
    + Bermain close tt dan spon karet lembut, akan sulit menciptakan pukulan dgn spin kuat, kemungkina pukulan yang tercipta spt smash2 yg cepat, kalaupun sempat membuat drive tospin sdr melakukannya di b3 setelah serve yang menipu. Coba gunakan sisi karet dgn spon lebih keras di sisi forehand jika itu sering digunakan.

    Terakkhir,
    Satu hal saja yang anda ubah (misalnya cara menggunakan otot2 jari dalam grip shakehand, atau tari2an dalam footwork) SUDAH MENGUBAH 180 derajat semua cara permainan anda (kebiasaan pukulan, properti n kualitas bola), yang kemudian mengubah kebutuhan type peralatan, akhirnya ganti peralatan lagi.
    Mintalah rahasia (tehnik jalan pintas) kepada pelatih, Selamat berlatih !

    Suka

    • The Amultart ZL Carbon is a hybrid of Btf’s industry leading Carbon Technology with our new ZL fiber. The resulting blade has great speed, but holds the ball a little longer than the normal carbon fiber making the production of heavy topspin easier.

      Speed: 10.2; Control: 7.6; Feel: Hard; Weight: 88g
      (Sumber: bty.com)

      Teknologi BLade ini adalah gabungan Teknologi Karbon Terkini dengan ZL fiber. Berkarakter, menghasilkan bola yang cepat, tetapi bola bisa lebih lama diam ketika kontak terjadi (krn biasanya blade kencang, maka bola akan singkat ketika kontak), shng bisa mudah menciptakan topspin yang berat.

      Melihat perbandingan Blade Performance dari http://www.butterflyonline.com/ShakehandMatrix.pdf, blade ini SETINGKAT dengan blade SC, Srds, Gerg, MJ.

      Jika anda tidak memiliki kemampuan dasar bermain yang terlatih, maka karet apapun TIDAK AKAN pernah lama memuaskan untuk dimainkan.
      Blade ini = kencang, artinya bola2nya menghasilkan kurva datar bukan lengkung, mestinya malah SULIT menghasilkan topspin berat. TApi dikompensasi dengan dwelltime yang lebih lama.
      Krn kencang, juga cocok dimainkan jauh dari meja, dimana pukulan2 memiliki kurva panjang. Jika dimainkan dekat meja, maka bisa2 pemain malah kalah cepat mengantisipasi bola2 balikan dari lawan, dan HANY menghasilkan bola2 dgn kuva yang datar artinya less spin tetapi more speed. Lihatlah bgmn pemain spt Jun Mizutani bermain ketika kalah menghadapi pemain Eropa dan Asia, juga ketika menang menghadapi mereka, gaya bermain ini bisa diadopsi.
      Tentang karet yang cocok, ini tergantung CARA bermain. Jika berlatih lagi dan berubah cara bermain, maka berubah juga KEBUTUHAN akan jenis karet yg cocok. Untuk amannya,
      1. coba karet2 yang dgn spon lembut yang didesain tidak menggunakan speedglue.
      2. jgn dulu menggunakan speedglue atau waterbaseglue karena menyebabkan kesulitan-yang berlebihan yang menyulitkan penguasaan alat dan permainan.
      3. gunakan karet dgn teknologi yang biasa tapi memiliki spin = tinggi, speed = rendah, allround karena sudah dikompensasi oleh blade itu.

      Itu sementara jawabannya.

      Suka

  4. Saya type pemain offensive, sekarang menggunakan blade Arylate-carbon (Kong Linghui Special), dengan karet TSP REAL utk FH dan bintik pendek 563 untuk BH. Yang belum saya temukan adalah karakter karet TSP REAL. Sebenarnya bgmn karakter karet ini? Apakah kombinasi peralatan saya sudah pas? atau permainan seperti apa yg pas dgn peralatan ini?

    Suka

    • the unique Arylate-Carbon and 3 ply-wood construction of this blade produces the perfect blend of control, speed, and maneuverability for the off-the-bounce quick attacking style of play.
      Speed: 80; Control: 80; Weight: 90g

      Teknologi arylte-carbon lebih terasa lembut (blend of control) dibanding teknologi carbon, cocok bermain serang singkat dgn pengmabilan timing bola off-the-bounce (bola dipukul sesaat setelah dia memantul dari meja).

      TeeMKa:
      Krn blade ini lembut dan lambat, maka agar optimal gaya permainan yang harus digunakan adalah dekat meja bukan jauh meja. Setiap gaya bebas dimainkan dan Gaya main spt ini tentu ada kelemahan2 yg bisa di exploit oleh pemain dgn rating lebih tinggi, misnya irama yang dibuat kacau oleh lawan, dia bermain kadang cepat kadang lambat.
      Perhatikan juga mode Grip yg dimiliki KLH krn grip inilah yg mmperngaruhi gaya bermain dan semua bola2nya.

      The built-in power of TSP Real rubber will give you great speed and spin.
      Soft Rubber with Destructive Power, Intense Spin and High Speed.
      The TSP Real is similar to DHS Hurricane III Provisional Version with the many layers of speed glue. The Speed Glue effect lasts for many months. No need to speed glue TSP Real.

      http://www.tabletennisstore.us/AllStores/TableTennisRubbers/TSPTableTennisRubbers/tabid/216/CategoryID/116/List/1/catpageindex/2/Level/a/ProductID/108/Default.aspx?SortField=ProductName%2cProductName

      Sebuah teknologi yang tinggi dan komplit.
      Sanggupkah memainkan semua featurenya dengan keterbatasan latihan ?
      Kecuali bagi pemain profesional atlit.

      563 medium-pips out good for close-to-the-table blocking, but it can also hit very well. Balls hit with 563 have some sink and some deception. TOP SHEET ONLY!
      Spin: 8 Speed: 10 Control: 10

      Bintik keluar (pip) menengah bukan pendek (shortpip) maupun panjang (longpip). Karet ini bagus untuk bermain blok didkat meja, tapi juga bagus untuk membuat pukulan. Karakter bola yg dihasilkan adalah bola agak melayang (sink) dan menipu (deception). Jika dipakai tanpa spon spt dari pabriknya, maka bola2 tanpa spon juga memiliki karakter; tajam, pendek, melambat-melaju tiba2, merusak irama, rendah spin, agak laju.

      Kombinasi peralatan:
      Ini ditentukan oleh capaian kemampuan seorang pemain. Jika ia kurang terlatih tapi sedang mencari2 kombinasi yg sesuai maka takkan pernah didapat kombinasi yg memuaskan. Karena kualitas dan hasil latihan mempengaruhi cara dan rasa menggunakan peralatan.
      Jika ia sedang berlatih, sebaiknya gunakan peralatan standar klasik yg tidak memiliki efek atau teknologi tertentu. Jika terlanjur memiliki peralatan dgn teknologi maka pelajari grafik karakteristik setiap peralatan dari setiap produsen. Pendek kata, karet hanya berkarakter: Eropa-China, Lembut-Keras, Klasik-Teknologi, NonGlue-Glue, itu saja.

      Menggunakan karet inverted di FH dan pipe di BH, untuk keperluan taktis bisa saja bermain twidling (membalik raket BH ke FH).

      Memilih peralatan tm mirip dgn memilih gitar dalam bermusik.

      Suka

    • The built-in power of TSP Real rubber will give you great speed and spin.

      +Built-in power = tenaga tambahan yang sudah ada dari dalam karet, shg membantu menguatkan (boost) tenaga ketika digunakan. Sebut saja karet klasik, diperlukan tenaga =60, sdngkan dgn karet ini, tenaga = 50, dengan hasil bola yang relatif sama. Efek spin dan speed tergantung cara pemain memakainya. Pukulan datar = speed, gesekan miring = spin.

      Soft Rubber with Destructive Power, Intense Spin and High Speed.

      +Karet Lembut = menghasilkan kekuatan bola yang merusak (spt sulit diblok)
      +Intense Spin = putaran bola yang kental, spt efek ban kendaraan berbunga halus dibanding bunga kasar.
      +High speed = mampu menghasilkan kecepatan yang lebih.

      The TSP Real is similar to DHS Hurricane III Provisional Version with the many layers of speed glue. The Speed Glue effect lasts for many months. No need to speed glue TSP Real.

      +Karet ini adalah mirip DH3 Pro, yang memiliki banyak lapisan dalam yang bekerja spt “menampung” speed glue. Sehingga efek SG lebih lama berbulan2. SG tak diperlukan untuk karet ini.

      Suka

  5. Saya pemain pemula dg kayu xiom speed off++, karet yasaka markV AD (depan) dan sriver fx (belakang). Kayu xiom seri apa yang cocok untuk karet saya bila saya pingin controlnya lebih baik? Trims berat responnya.

    Suka

  6. Salam, tenismeja pasti bisa

    Pemula
    Aggap saja pemula disini adalah bukan program atlit, usia pekerja, target bermain adlh olahraga rekreasi, sedang berlatih tehnik yg benar dgn seorang pelatih.
    Secara umum, pemain pemula yang blm mampu mengontrol penuh peralatan, penggunaan tenaga, integrasi permainannya.

    Blade ini
    – ABSOLUTELY DESTRUCTIVE. = dengan pukulan smash mampu menghasilkan bola2 yang mematikan; laju tak terlihat, gagal diblok

    – SPEED provides a clear and sharp sound due to its short contact time. = menghasilkan bunyi jelas dan tajam krn lama kontak bola+raket yang singkat

    – Thicker Kiso Hinoki outer layer and the vibration-absorbing design of handle are combined to offer the advantage in aggressive play close to the table with fast topspin and hard smash. = Lapis terluar yg tebal dg design mampu menyerap getaran (timbul krn tabrakan bola+raket+tenaga), cocok utk bermain agresif dekat meja dgn topspin cepat/singkat dan smash keras.

    Karet FH
    The soft sponge version of the classic Mark V provides the player with two distinct options: With speed glue, it becomes the quintessential high speed, high spin rubber used in today’s modern topspin game. With conventional glue, AD provides soft touch a excellent control, while still generating plenty of spin and speed.

    Bisa dipakai dgn 2 pilihan;
    1. speedglue, menghasilkan speed bagus, cocok utk bermain modern topspin.
    2. lem biasa, menghasilkan raket terasa lembut dgn control sangat bagus, dan tetap menghasilkan kadar spin dan speed.

    Karet BH
    – Top maneuverability in services, returns, and varieties of topspin. – Best suited when used with speed glue.

    – Mirip karet FH.
    – Digunakan saat serve, return n topsin, bisa menghasilkan cara n bola paling tidak biasa.

    Konklusi.
    Blade ini sudah menggunakan teknologi, yaitu design khusus utk bermain dekat meja. Sbg pemain pemula yg belum memiliki arah gaya permainan akan mengalami kesulitan perkembangan permainan, walaupun blade ini terasa enak. Makin terasa enak ketika dipakai berlatih shift+drive, atau blok pasiv.
    Gaya permainan anda bisa saja seorang defender sejati, atau juga allround klasik, mungkin juga modern offensive.
    Pilihan 2 karet klasik yang cocok untuk pemula menguasai tehnik2 perkembangannya.
    + Dengan 2 karet yang sama, coba gunakan 1 blade lain yang biasa/cukup murah, standard, tanpa teknologi, rendah speed,,, rasakan dan bandingkan kedua blade.

    Mudah2an sedikit memberi gambaran.

    Suka

  7. Bung TeeMKa yg oke punya, saya tertarik dg rubrik anda. Bung,, saya punya kayu Stiga Titanium 5.4 WRB. Apa keistimewaan kayu ini? Apakah kayu ini lebih jelek daripada Gergely 21? Karet apa yang cocok dengan kayu-kayu tersebut bila saya adalah pemain yang pinginnya nge cop, nye pin dan nye mash? Saat ini saya punya karet Sriver FX 2,1 dan Yasaka Mark VAD max serta RITC Elang 1,5 mm. Terima kasih banyak informasinya.

    Suka

  8. Boss…mo tanya nihh…………
    Aku pengen beli bet-pingpong (maklum ga tau nama bahasa indonesianya).
    Kira2 yang bagus apa ya???
    1. Kayu?
    2. Pelapis Kuning?
    3. Karet Merah
    4. karet Hitam
    Sekalian harganya ya????

    Oh iya,gaya permainan saya lebih cenderung FH. Saya suka melakukan TopSpin. Jadi, tolong kasih tau kan yg lebih mendukung gaya permainan ku.
    Untuk BH nya aku pengen yang yahud buat BackSpin????

    Toko di Malang, Surabaya, dan Jakarta dimana ya??????
    Thanks………………………..

    Suka

    • Salam berolahraga, berolahpikir, berolahrasa

      Membeli bet, tidaklah sulit, cukup datangi toko sport n kompeten, beritahukan speknya (pemula, menengah, lanjut), sesuaikan harga dan rasa, membeli.

      Jika sbg pemula, harus disadari bahwa pemakaian bet (blade, raket=rubber topsheet+spoon+glue), AKAN berganti2 berubah2 sesuai level pencapaian kemampuan bermain.
      Adanya penyesuaian antara karakter kemampuan alat dan kemampuan memainkan utk kualitas hasil yang diinginkan.

      Mengenai harga, berkisar:
      Blade (all wood, carbon renforced) = 200rb, 500rb, 1jt
      Rubber (topsheet+spoon) = 50rb, 250rb, 600rb
      Glue (ITTF approved) = 200rb

      Raket (rubber, blade) yang cocok dgn gaya bermain atau stroke tertentu, tidak akan DIDAPAT jika pemain tidak BERLATIH teknik dasar dgn benar dan baik.
      +Benar = secara bertahap teknik itu mendukung dgn mudah utk teknik2 selanjutnya, baik didapat dari pelatih maupun pengembangan sendiri.
      +Baik = tepat sesuai dgn keadaan pemain dan peralatan, pemain yg sabar lebih cocok mulai bermain allround, pemain agresif lebih cocok mulai berlatih menyerang, untuk MEMUASKAN rasa yg selanjutnya bagus utk perkembangan mental n percaya diri.

      Suka

  9. Mau tanya dong, saya pemain level pekerja yang sedang rutin dilatih pelatih, tipical saya allround, saya mau pake kayu sardius tamca 5000, klo karet buar FH DAN BH yang cocok dengan tipikal saya serta blade tersebut apa ya…mohon rekomendasinya…..terima kasih…
    Salam tenis meja

    Suka

    • Selamat berlatih dg Pelatih;
      Saudara adalah Pemain rekreasi-berlatih-dasar, kondisinya relatif berbeda dgn pemain calon atlit yang berlatih dari kecil.

      Pemain pemula, fokus pada:
      1. kontrol tubuh (kuda2, sendi,..)
      2. grip
      3. kontrol bola dgn raket dan grip
      4. cara bergerak (ready stance, footwork,…)
      5. cara memukul
      6. cara bermain.
      7. tanyakan pelatih, silabus materi, skedul, target.

      Jadi, saudara belum memerlukan blade dan karet branded.

      Jika pelatih mengatakan, sudah saatnya meningkatkan peralatan, maka pilih:
      1. blade = allround; menengah dalam hal speed, kontrol mudah, stiifness menengah (lihat tabel produsen)
      2. karet = klasik, allround; menengah dalam hal speed, spin, sponge hardness, 2mm tebal spon.
      3. glue = cukup semen (perekat), hindari dulu speed/power glue, rubber threatment (karet diberi bahan kimia utk efek2).

      Jika sdra menilai cukup utk berganti lagi, maka:
      1. pilih seorang pemain yg ingin ditiru, tiru peralatannya, tiru gaya mainnya.
      2. sesuaikan dgn aspek tubuh sdra; tinggi, berat, tingkat gerakan,…
      3. type permainan yg paling sesuai selera, cocok bisa dimainkan; defender, allrounder, offensive (kecendrungan spin atw speed), ciri-khas.
      4. Coba pake 1 produk lalu riset bandingkan dgn table produsen.

      Suka

    • Terima kasih sarannya, kembali kepertanyaan sebelumnya, klo kayu sardius bagusnya karet yang cocok buat tipical saya apa ya …apakah yang soft atau hard???? Terima kasih sebelumnya….

      Suka

  10. @Supratman,
    Jawaban TeeMKa berdasarkan referensi -pengalaman, teori- yang sifatnya relatif bagi orang dengan referensi berbeda.

    Secara umum, apapun peralatan -apalagi branded-, bisa dimainkan oleh level apasaja. Apalagi sdra berlatih dengan pengawasan pelatih, maka pemilihan dan penggunaan alat akan lebih akurat dan hasil permainan bisa dicapai.
    Blade butt srdius spek stiffness = 8.1 (kaku), overall =8.8. Masih ada yg lebih tinggi.

    Artinya, semakin soft sponge semakin enak dimainkan, untuk kontak bola secara benturan (smash).

    Suka

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.