Berbagai Jenis Karet (rubber)


Oleh: TeeMKa

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Table_tennis#Racket, http://www.butterflyonline.com/faq.asp

1. Inverted (Produk non-China):

chris_inverted_wideInverted atau permukaan karet yang licin (bukan berbintik). Jenis ini paling banyak dipakai. Permukaannya halus lembut (smooth), dengan sisi permukaan pimple (bintik) menghadap ke arah dalam blade. Memungkinkan pemain menghasilkan spin dan speed tingkat tinggi. Spin dihasilkan tidak hanya oleh kinerja topsheet (lapisan luar) saja, tetapi juga oleh masuknya bola (menancap tenggelam) ke dalam spons sehingga terjadi luas-permukaaan-kontak yang besar lebar saat mengkontak bola.

2. Inverted (Produk China):

Karet2 China pada umumnya memiliki topsheet lebih lengket ( atau “tacky”). Putaran dihasilkan sebagian besar oleh topsheet, dengan spon yang relatif lebih padat dan lebih keras. Hasilnya adalah biasanya terjadi satu game singkat pendek yang jauh lebih baik dan kemampuan menyerangnya yang baik dibanding inverted biasa (non-China), tapi kurang konsisten dalam bermain bertahan (defense) dan/atau membalas pukulan (counter).

3. Short Pimples (Bintik2 pendek):

chris_shortpips_wide Karet-karet pimples-out pendek biasanya digunakan oleh hitter (tmk: memukul datar, rendah spin) yang bermain dekat meja (close-to-the-table) sebagai contoh Liu Guoliang. Bintik pendek tidak menghasilkan spin sebanyak karet inverted, tetapi membuat pemakainya lebih mudah menghadapi spin lawan. Kecepatan yang dihasilkan dari karet SP umumnya lebih tinggi dari yang dihasilkan inverted walaupun dengan spons yang sama. Tergantung pada ketebalan spons, SP juga bisa dipakai bermain chop (pukulan memotong) dengan bermacam-macam putaran yang bisa dihasilkannya. Ketika melakukan blok dan serangan sering menghasilkan deadball (tmk: bola2 mati melayang seolah tanpa putaran). Ding Song adalah seorang yang memakai gaya ini.

4. Long Pimples (Bintik2 panjang):

chris_longpips_wide Bintik2 pada karet pimples-out panjang bentuknya relatif panjang dan lembut. LP tidak mampu menghasilkan putarannya sendiri, tetapi mengandalkan putaran dari lawan sebagai gantinya. Hal ini menjadikan pemakainya untuk mengacaukan lawan dan merusak irama mereka. LP mengandalkan pada putaran lawan yang datang, cenderung meneruskan putaran lawan (tmk: bola datang topsin, kembali backspin), karena membengkok saat benturan, hasilnya membalik atau mengubah spin yang datang, tidak seperti karet2 inverted. LP biasa dipakai pemain blok dekat meja, chopper, tapi dalam beberapa kasus LP juga bisa dipakai jauh dari meja untuk pukulan chop jarak jauh. LP biasanya hanya digunakan di sisi backhand, dengan keterbatasan serangan disisi ini. Tergantung gigitan sisi LP dan ketebalan spons, LP memungkinkan juga untuk bermain agresif, meskipun kemampuannya rendah menghasilkan bola putaran/spin.

5. Anti-spin:

chris_anti_wide Tampak serupa dengan karet inverted, tetapi dengan permukaan2 sangat licin (slicky) nan rendah gesekan (frictionless). Seperti LP, mereka tidak menghasilkan banyak putaran, tetapi membuat pemakainya menghasilkan bola no-spin, kadang deadball. Anti-spin juga tidak terpengaruh pada bola spin lawan yang datang, karena koefisien gesekan yang rendah pada permukaannya. Spons yang benar2 lembut, dirancang sebagai bantal atau menyerap (absorb) kecepatan bola selama kontak. Ini juga berguna untuk mengacaukan lawan, dan tidak banyak digunakan di tingkat internasional.

6. No Sponge (OX)

chris_ox_wide Karet tanpa-spons yang terdiri dari lapisan bintik pendek tanpa spon. Dibuat agar tetap menghasilkan tanpa putaran, tidak dipakainya spon berguna untuk menghasilkan bola tajam (sharp), bola keriting (crisp), dengan rendah spin dan gerakan terbang bola yang lambat.

40 comments

  1. Salam olah raga min..
    saya mau nanya, untuk tipe penyerang saya agak kesulitan mengembalikan service spin lawan apakah saya cocok menggunakan karet dengan tipe no spin atau short pimple..?
    apakah karet itu cocok untuk tipe penyerang..?
    atau ada gk bet yang dijual sebelah karetnya anti spin dan sebelahnya lagi tipe inverted..?trus jenis bat/ merk bat yang dijual kalau dengan tipe anti spin, short pimple dan inverted apaan min..?

    Suka

    • Salam olahfisik, olahfikir, olahrasa…

      1. Sulit mengembalikan serve-spin
      Solusinya, harus berlatih dgn pelatih, agar caranya benar, tepat dan cepat

      2. Cocok atau tidak?
      Menyerang dgn no-spin, sp, inverted memiliki karakter berbeda dgn hasil berbeda. Selama ini nyaman digunakan dan memajukan prestasi, anda bebas memilih. Ketiga karet tsb juga bisa dipakai untuk bermain bertahan, selama anda sudah berlatih tehnik-dasar dgn benar.

      3. Raket kombinasi (dua sisi beda jenis karet)
      Blade/kayu, karet, glue, semuanya dijual terpisah dgn merk dan tipe beragam. Silahkan pilih sesuai kebutuhan, minta bantuan pelatih, teman berpengalaman, pemain terlatih untuk membuat raket (blade+karet+glue) yang mendekati cocok buat anda.

      4. Catatan.
      Sebagian pemain pingpong menyepelekan berlatih tehnik-dasar yg benar, pegang bat tepok sana-sini, pakai karet non-inverted, bermain nyaman, kmdn bengong kenapa permainanku tidak meningkat? Untuk memperbaikinya maka harus berlatih tehnik yg benar.

      Suka

  2. apa bedanya lem air VS lem kertas?kemudian apakah karet dan blade yang sudah terlanjur terpasang menggunakan speedglue bisa dilem menggunakan lem air atau lem kertas?

    Suka

    • Salam olahraga…fisik, pikir, rasa.

      “Tidak kencang”, TeemKa tidak bisa memastikannya seperti apa. Asumsinya terletak pada reaksi-cepat-bat dengan bola-yang-dihasilkan ketika blok, smash, flick, juga besarnya tenaga yang sulit dikerahkan untuk menghasilkan pukulan2 diatas.
      Ini adalah ciri efek peralatan control. Mungkin sudah saatnya meningkatkan level pada peralatan speed untuk bermain speed.

      Saran, dengan setup bat seperti ini:
      #1. Tetap dipertahankan, tapi mengubah orientasi pukulan menjadi chinese-oriented, berarti menukar setup karet menjadi PF4-FH, Mercury2 (assumsi spon degree rendah/soft) -BH.

      #2. Mengganti blade PG4 (ply all wood) menjadi carbon-reinforced dengan karet-sama. Blade carbon bisa dari produsen yang sama agar sensasi karakterisitk tidak melompat jauh.

      #3. Gunakan booster pada kedua karet.

      #4. Untuk mendapatkan karet dengan “spin dan speed yang mantap”, coba refer ke http://www.tabletennisdb.com/database/popular-rubber.html.

      #5.

      Suka

  3. Assalamualikum,wr,wb
    Jika tidak keberatan, Mau tanya bagaimana cara mem-block atau men smash bola spin gantung..?
    dan bagaimana cara mengembalikan service panjang ke arah backhand?
    demikian wassalam,
    Gusman

    Suka

    • Wa’alaikumussalaam wr wb,

      Salam super.
      Gak keberatan, ringan kok Bapak. 🙂

      Jawaban Singkat: FOOTWORK direvolusi, maksudnya diubah teknik footwork.
      Jawaban Sedang: Perbaiki membaca GERAKAN LAWAN sebelum dia memukul, perbaiki FOOTWORK, latihan reflek dgn drill memukul bola-banyak dgn mensimulasi servis panjang tsb.

      Jawaban TeeMKa:
      A. memblok, mensmash spin gantung.

      Spin gantung, sesuai pemahaman TeeMKa, memiliki sifat sbb:
      – spin artinya pukulan topspin yg dilakukan dari jarak menengah ( 1-3 meter dari ujung meja).
      – lintasan bola (raket sd meja pantulan) memilii kurva yg tinggi.
      – penempatan bola jatuh cenderung dekat net.
      – gerakan bola, cenderung lambat.
      – tentu saja Topspin, kadang campuran sidespin.
      – (silahkan ditambahkan!).

      Ada 3 cara:
      1. Secara pukulan, saudara jangan mengirim bola yg memberi kesempatan lawan membuat spin gantung. Artinya saudara bermain cepat.
      2. Secara alat, gunakan karet berbintik (long, mid, short pipe), berikan dropshot secepatnya setelah bola lawan memantul.
      3. Secara footwork. Teknik FW yg benar memungkinkan sdra dapat menyerang bola spin-gantung tsb, bahkan mampu menyerang disetiap keadaan. FW disini mencakup persiapan FW, FW (sebagaimana dielaskan dibuku2), stroke mekanisme.

      Saudara dapat berkonsultasi dgn pelatih, untuk merevolusi FW dg cara:
      1. mengamati video2 pertandingan slow-motion dari para pemain dunia; China, Jerman, Korea, Jepang. Pilih video2 dari generasi sebelum 2018 ini. Pemain Indonesia spt: Yon Mardiono bisa diamati slow-motionnya.
      2. Gerakan2 sebelum FW
      3. stroke mekanisme; cara bagaiman tubuh membuat pukulan. Ada pepatah “menggunakan hentakan kaki ke bumi untuk meciptakan kekuatan”.
      4. dst.

      B. mengembalikan serve panjang ke backhand.
      Sudah terjawab diatas.

      Suka

    • Antispin lebih tepatnya berfungsi utk menekan lawan secara mental.
      Artinya, lawan-terlatih akan mudah mengatasi pemain antispin.
      Jadi, kenapa pake antispin klw bagus bermain inverted.

      Merk karet di komentar berikutnya.
      Coba periksa ke tabletennisdb.

      Suka

    • Lihat tabletennisdb:
      https://revspin.net/rubber/

      Contoh merk Yasaka,:
      AntiPower/Spin: speed 4.4 spin 2.5 tack 1.3
      Bandingkn dgn
      Mark V: 8; 8.2; 2.8

      Merk Butterfly:
      Super Anti: 4.4 2.6 0
      Sriver L: 8.2 8.2 2.8

      Tehnik yg kamu kuasai spt apa?
      Jika menekan dgn push (dorong) yg bolanya terbang flat (datar), hanya bekerja ketika bola diatas meja ketika retirn-serve, atw saling push, maka dipwrlukan karet dgn nilai tacky yg tinggi supaya mampu menahan putaran bola datang.

      Karet dg nilai deception (tipuan) yg tinggi juga menyertai spesifikasi karet antispin.
      Juga spin reversal yg dihasilkan antispin mnyerupai longpipe.

      Jika baru pertama memakai antispin, belilah yg murah utk dcoba.
      Bermain dg blade kombinasi inverted n antispin artinya:
      – bermain menekan dg push
      – bermain tipuan dgn mndapat poin dari kesalahan2 lawan.
      – merusak kecepatan irama bola dlm rally, inverted speed 8, antispin speed 4, dan rally ini mnjadi tidak nyaman.
      – antispin adalah cara mudah mereturn serve lawan.

      Suka

  4. as wr wb ….mohon pencerahanya suhu
    saya,agak lama nggak main sekitar 8 tahun …ingin aktif lagi…..usia 50 th….suka main nyerang…..blade gergely….dulu brycee…..sekarang pingin pindah lp sponge …merk apa ya yang cocok …matur nuwun

    Suka

    • Wa ‘alaikumussalaam wrwb,
      Saya juga masih gelap gak cerah2 amat, dan bukan suhu.

      8 tahun tidak bermain tenis meja, sepertinya sdra tetap sibuk bermain olahraga lainnya dalam menjaga kebugaran.

      Ingin aktif lagi?
      Lakukan secara perlahan2 dan bertahap untuk menghindari cedera, overload beban dan overdosis menu latihan.

      Setup dengan Gergely dan longpipe sepertinya cocok.
      Dulu teman2 di klub, menggunakan produk Friendship/729, longpipe dan middlepipe dipasang pada blade carbon.

      Hasilnya bagus:
      1. Murah
      2. Bebas memilih2 karet2 LP yang dirasa cocok.
      3. Pemakainya leluasa bereksperimen.
      4. Lawan main, awalnya jengkel tapi lama-lama menjadi lebih berpengalaman di suguhi bola2 longpipe yang beragam dari karet beragam.

      Karena, sdra typical bermain serang, sedangkan LongPipe bersifat bertahan, menurut hemat saya, gunakan LongPipe yang memiliki performa ALL, seperti Tibhar Extra Long dalam katalog 2018.

      Gergely, tidakkah handle blade itu berbentuk petak bersegi?

      Suka

    • Bryce itu karet Jepang, dengan karakter sponge soft-mid, topsheetnya rendah tacky (tidak lengket).
      Kebalikannya, karet China dengan karakter sponge mid-hard, topsheet tinggi tacky.

      Jawaban atas pertanyaan ini adalah:
      Mendapatkan Karet China dgn karakter Bryce (Jepang).
      Dan satu lagi karakter Bryce memiliki teknologi Tensor, dimana karet tsb bersifat mesin pelontar (catapult) yg sudah build-in.

      LKT sepertinya cukup mendekati Bryce karena karakter sponge soft, dan topsheet yg rendah tacky.

      Dan, karet2 buatan Eropa (Stiga, Tibhar, Yasaka, Joola, Andro, Donic, Xiom, TSP dan selainnya) bisa juga dipilih salahsatunya sebagai substitusi Bryce. Dengan alasan: karakteristik (juga tackiness, weight, gears, throw angles), harga, banyak pilihan, bukan atlit atau pemain Profesional.

      Suka

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.